Ekspedisi Curug Gedus di Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Curug Gedus berada di Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 1 Jam 30 Menit Dari Pusat Kota Tasikmalaya melewati Singaparna, Puspahiyang sampai ke Sodonghilir. Akses menuju Curug Ini lumayan parah karena jalanan berbatu dan banyak tanjakan, akan bahaya kalau hujan turun soalnya jalanan menjadi licin. Sebelum ke Curug Gedus saya sempatkan ke Jembatan Curug Gedus yang sudah rapuh dan tua dan sepertinya sudah tidak dipakai.

Jembatan Curug gedus ini  jenisnya Jembatan Gantung. Kayu-kayunya sudah lapuk dan hilang, besi-besi pegangannya sudah tua tapi jembatan ini masih kuat dan mampu menampung beberapa orang saja. Jembatan ini juga mudah goyang. Akan sangat bahaya kalau ramai-ramai menaiki jembatan ini.
Sangat disayangkan juga Jembatannya tidak terawat dengan baik
Jembatan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Jembatan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya dilihat dari Bawah

Jembatan Curug Gedus di Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Dibawah Jembatan terdapat aliran sungai yang jernih dan tidak dipenuhi sampah. Lumayan masih asri walau kotor oleh sampah seperti ranting pohon dan dedaunan. Untuk sampai ke Curug gedus kita harus menyusuri aliran sungai kemudian turun ke bawah curug.

Aliran air menuju Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Dan Inilah Curug Gedus yang Airnya lumayan deras dan juga airnya bersih, tidak keruh. Enak untuk dipakai bermain air dan berenang.
 Bagian Kiri Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Bagian Kanan Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

 Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya
Uniknya di Aliran Sungai Curug Gedus ini terdapat banyak sekali bebatuan. Dan ada juga batu yang berwarna merah seperti batu Jasper di Cikatomas. Ada juga batuan besar yang terdiri dari berbagai batu.
Batuan Merah Curug Gedus Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya





Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.