Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya, wisata alam yang terlupakan.

Curug Ciparay ini berada di Kec.Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini memiliki debit air yang lumayan banyak, curug ini juga disebut sebagai curug kembar, karena memiliki 2 curug yang berdekatan.

akses ke curug ini memang sangat sulit. Selain jalannya yang sangat parah yaitu hanya bebatuan dan tanah, jalan menuju curug ini juga terjal, penuh tanjakan. Perlu motor yang benar-benar fit atau butuh motor trail untuk menuju ke tempat ini.

Kalau jembatan kayu ini terlalu ditekan pasti bakalan patah.


Selanjutnya jugajalanan akan tetap berbatu seperti foto dibawah ini

Semakin mendekati Curug jalanan juga akan semakin extreme seperti dibawah ini

Jalanan semakin tidak rata, banyak lubang besar.
Curug Ciparay dapat diakses dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya yaitu Singaparna menuju ke arah Sariwangi kemudian masuk ke desa Cidugaleun. Curug Ciparay ini berada di Desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Gerbang Desa Cidugaleun menuju Curug Ciparay Singaparna
Keindahan yang akan dijumpai sepanjang perjalanan dari Desa Cidugaleun sampai Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya.
Dari Bukit akan mulai terlihat 2 Curug Ciparay Singaparna Kab.Tasikmalaya

Curug dengan Arus kecil bisa buat Renang dan main air, tepiannya seperti di pantai.

Curug Ciparay Singaparna Kab.Tasikmalaya yang tingginya 55 meter

Curug Ciparay Singaparna yang tingginya 75 meter
Diantara 2 Curug Kembar. Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya

Menikmati indahnya alam Indonesia ciptaan sang Maha Kuasa.

Curug Ciparay Singaparna Tasikmalaya !!! 2 curug yang indah dan sangat menyejukkan.

Mencoma bersemedi wkwkwkwk


Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

16 komentar:

  1. Saya juga pernah kesana.. tapi ngga sampai curugnya sih.. baru sampe batas desa Cidugaleun.. itupun cuma liputan Angdes Tigebrus kana walungan dipinggirnya :D terimakasih infonya sangat bermanfaat.. lumayan buat nambah nambah list liputan hehe.. wardhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur Nuhun - Terima Kasih juga sudah mampir di blog saya. Senang bisa membantu :D

      Delete
  2. Enya dri sami sami wkwkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  3. wih, mantab Kang. bisa lah mun ulin ka ditu diguide-in.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap pami abi nyalse :D boleh lah kontak2 mah heheee "D

      Delete
  4. Hadeuhhh asli singaparna bisa kalewat kieu ieu curug #siap siap agendakan

    ReplyDelete
  5. Boleh deh besok capcus kesana. Jauh ga lokasinya? Katanya jalan nya extream, ga akan nyasar kan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1 jam dari kota tasik teh, ia memang extreme sekitar 2 - 3 kilo dari curugnya jalannya parah banget. Sekarang curug ciparay rame sih teh pasti semua orang pada tau hhee

      Delete
  6. Kondisi jalan saat ini sampe ke curugnya gimana kang?saya rencana pengen nyobain pake sepeda ke curug ciparay,tp masih blank kondisi jalurnya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1 km menuju curug sepertinya masih lumayan parah dengan trek nanjak dan bebatuan

      Delete
  7. Kalo dilihat elevasi di peta lumayan nanjak juga ya,,dari singaparna di 430mdpl posisi curug di 830mdpl,,,hehehe
    BTW thank's infonya,,mantaap kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena emang lokasi curugnya ada di kaki gunung dinding ari. sudah lumayan banyak juga yang gowes ke sana. Siapp :D

      Delete
  8. Dari cigalontang bisa akses jalannya?

    ReplyDelete