Backpacker Seru ke Kota Yogyakarta

Minggu ke dua libur akhir semester tahun ajaran 2012/2013 diisi liburan ke salahsatu kota paling terkenal dengan berbagai kebudayaan nya yang sangan kental, ialah kota Yaitu kota Yogyakarta. Planing list pun telah tercatat dan telah direncanakan jauh-jauh hari. saya berangkat menaiki bus dengan tarif Rp.72.000. Pertama kalinya pepergian menggunakan bus karena biasanya selalu memakai moda transportasi kereta. Karena harga kereta ekonomi sekarang sudah naik makadari itu saya menggunakan bus, harganya juga lumayan jauh perbedaannya.

Oke lanjut ke topik utama, Berangkat dari Pool Bus Budiman jam 20:13 Wib . Perjalanan sempat terganggu karena ada macet di dekat pabrik kayu gitu daerah Jawa tengah, bukan hanya macet bus juga mengalami mogok . Setelah itu perjalanan kembali normal, dan pada jam 02:10 pagi kami tiba di sebuah rumah makan , tiket bus yang kami dapat ditukar sebagai voucer gratis makan. Setelah itu kami berangkat lagi.
Tiba di yogyakarta pukul 06:30-an tepatnya di termilan Giwangan.  Saat itu saya langsung naik bus trans Yogya menuju ke Adisucipto terus ke Prambanan, hanya dengan Rp.3000 saja.  Tiba di halte Adisucipto saya transit ke trans ygya menuju halte prambanan.

Tiba di prambanan jam 08:05 pagi, HTM nya Rp.30.000 Saya berkeliling menyaksikan salah satu situs warisan dunia yang memang begitu besar, indah dan keren (maklum baru pertama kali hehehee) Sempat berkenalan sama orang Makasar yang juga mengunjungi Prambanan tapi lupa lagi namanya siapa XD . Saya dipakaikan kain batik dan dikambalikan lagi (gue kira bisa bawa pulang wkwkwk :3) masih di area candi prambanan saya mengunjungi museum prambanan, disana terdapat alat musik gamelan lengkap, arca-arca , patung-patung , lukisan-lukisan dan lainnya. Suasananya sungguh memenangkan, sejuk dan damai. Apalagi pas saya masuk area candi sudah terdengan suara khas gamelan.

Setelah dari Prambanan saya langsung menuu Hotel dengan trans yogya menuju Halte ahmad yani kemudian ke halte Sugiyono 1 dan tiba di hotel jam 11:45. Saya bermalam di Hotel Puspita yang berada di jalan Mayjen Sutoyo. Harga permalamnya hanya Rp.90.000 untuk kamar puspita 1, tapi kaerna hari libur naik Rp.20.000, dengan satu kasur besar, kipas angin, dan Kamar mandi didalam kamar, apalagi pagiharinya dapat Nasi Goreng dengan telur dadar juga kerupuk dan air teh hangat untuk 2 orang. Sangat lumayan saya dapat 2 piring karena saya nginep sendiri jadi sangat kenyang, cukup lah tenaga sampai siang.

HARI KE 2

Cek out jam 08:20 saya jalan kaki ke tamansari, HTM Rp.4000 , saya merasa tidak puas di tamansari ini karena saya tidak menemukan masjid bawah tanah yang saya ketahui . Saya seperti tersesat entah dimana, yang ada hanya perkampungan. Bukan seperti tempat wisata . Selesai dari tamansari saya pergi ke Halte haryono. Turun di jln Bhayangkara dan berjalan menuju ke Benteng Vredeburg. HTM Rp.2000. Dibenteng vredeburg sangat ramai , kebetulan ada pembukaan acara 100th peninggalan purbakala dan ada kemah juga. Saya berkeliling melihat diorama sejarah kota yogyakarta.  Setelah dari benteng saya menuju ke pasar Bringharjo membeli baju batik. Harganya lumayan lah , Harga kemeja untuk Cowo Rp.30.000-an, baju anak anak Rp.25.000-an asal bisa nawar bisa murah tapi nawarnya jangan terlalu sadis, tawarnya spertiga dari harga asal. Kemudian menuju Oleh-oleh bakpia pathok 25, membeli bakpia dan makanan seperti moci, tapi kecil seperti peremen berwarna-warni. Harganya sekitaran Rp.20.000-an . Setelah itu menuju halte Malioboro 2 menuju terminal Giwangan untuk pulang. Tiba di terminal giwangan jam 10:40-an, dan tenyata busnya itu tiba jam 16:30. Terpaksa saya nunggu lama di terminal. Dan akhirnya bus pun datang dan saya tiba di Tasikmalaya jam 01:40 pagi.

Cuplikan perjalanan di Yogyakarta

Tambahan :
Agak aneh juga saya lihat bakpia yang dijual di yogyakarta , ada bakpia pathok 225, 38, 23, 52 dan sebagainya, kebanyakan memakai angka-angka gitu. Saya heran , kenapa ya memakai angka, kalau saya boleh buat nanti saya buat Bakpia Phatok 48 dan ada berbagai rasa sesuai dg apa yang member JKT48 favoritkan :v (ngayal dikit)