Menelusuri Jalur Kereta Api Pengangkut Pasir Galunggung

Kereta Api Angkutan Pasir Galunggung ( Sumber : KPKAI)

Banyak sekali jalur-jalur kereta api yang sekarang sudah tidak beroperaasi dan hanya tinggal kenangan saja. Salah satunya adalah Jalur Kereta Api Cibungkul-Pirusa yang merupakan jalur kereta api pengangkut pasir dari hasil letusan Gunung Galunggung.

Salah satu keunikan dari jalur kereta api ini adalah karena dibangun setelah Letusan Gunung Galunggung dan setelah Indonesia Merdeka. Kebanyakan jalur mati adalah jalur hasil peninggalan jaman penjajahan, sedangkan Jalur Kereta api Cibungkul - Pirusa ini dibangun pada 5 April 1982. Angkutan Pasir ini memiliki Rute sampai ke Stasiun Cipinang, Jakarta. Percabangan jalur ini berada di daerah Cibodas tepatnya di PJL 336 . Jalur Kereta api Cibungkul - Pirusa memiliki panjang kurang lebih 7,51 Kilometer sampai ke percabangan

Stasiun Pirusa , Sukaratu, Kab. Tasikmalaya ( Sumber : Foursquare Asep T.)
Garis Merah adalah Jalur Kereta api Cibungkul - Pirusa


Jalur ini sekarang sudah tidak aktif seiring sumber daya pasir galunggung yang semakin menipis dan sekarang hanya diangkut oleh truk-truk melalui jalan raya.

Menurut Sumber. Stasiun Pirusa berada di Kampung Pirusa, Sukaratu Kab.Tasikmalaya dengan Koordinat 7°16'52"S 108°8'57"E. Sampai saat ini kita masih bisa melihat beberapa peninggalan dari Jalur Kereta Api Cibungkul - Pirusa ini. Seperti bekas jalur Rel dan Jembatan yang berada di dekat Kantor desa Sukagalih, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. 

Jembatan Bekas Rel ini dibawahnya dilalui oleh Jalan menuju ke Gunung Galunggung yang disebut Terowonga Tolejeng. 

Jembatan Bekas Rel Kereta Api Pengangkut Pasir Gunung Galunggung

Jembatan Bekas Rel Kereta Api Pengangkut Pasir Gunung Galunggung

Bekas Jalur Kereta Api Cibungkul - Pirusa ke Arah Cibungkul

Bekas Jalur Kereta Api Cibungkul - Pirusa ke arah Cibungkul. 
Bekas Jalur Kereta api Cibungkul - Pirusa yang sekarang menjadi jalan biasa. 
Proses pengangkutan Pasir ke Gerbong Kereta (Sumber : The Aylesbury News)

Kereta Pasir Galunggung (Sumber : The Aylesbury News)

Proses Memasukan Pasir kedalam Box Kereta Pasir Galunggung (Sumber : The Aylesbury News)

Kereta Pasir Galunggung Meninggalkan Stasiun Pirusa (Sumber : The Aylesbury News)



Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

8 komentar:

  1. dulu kalo ga salah tahun 2004 masih ada sisa rel diatas jembatan tolejeng... tapi sekarang engga tahu, soalnya udah jarang ke galunggung lewat situ

    ReplyDelete
  2. Waduh, sayang sudah mati ya jalurnya...
    Itu jalur mulai ditutup dari tahun berapa ya..? Dari foto-fotonya kayaknya udah g ada relnya..

    ReplyDelete
  3. Waktu libur smp, hampir tiap hari naik gerbong pasir tasikmalaya bandung.
    Kalo ga salah ingat, keretanya stop mulai tahun 95an.. Cmiiw

    ReplyDelete
  4. Trakhir naik ka,waktu sma th 1996 an.pd waktu tu stasiun ny dh dkunci.ad rangkaian ppcw siap isi jg rodany dgembok.ad 5 grbg yyw posisi lok mundur dr arah cbungkul kpirusa karena rel dsimpang jg dkunci jd hrs k st indihiang dlu.

    ReplyDelete
  5. Trakhir naik ka,waktu sma th 1996 an.pd waktu tu stasiun ny dh dkunci.ad rangkaian ppcw siap isi jg rodany dgembok.ad 5 grbg yyw posisi lok mundur dr arah cbungkul kpirusa karena rel dsimpang jg dkunci jd hrs k st indihiang dlu.

    ReplyDelete
  6. Trakhir naik ka,waktu sma th 1996 an.pd waktu tu stasiun ny dh dkunci.ad rangkaian ppcw siap isi jg rodany dgembok.ad 5 grbg yyw posisi lok mundur dr arah cbungkul kpirusa karena rel dsimpang jg dkunci jd hrs k st indihiang dlu.

    ReplyDelete
  7. Trakhir naik ka,waktu sma th 1996 an.pd waktu tu stasiun ny dh dkunci.ad rangkaian ppcw siap isi jg rodany dgembok.ad 5 grbg yyw posisi lok mundur dr arah cbungkul kpirusa karena rel dsimpang jg dkunci jd hrs k st indihiang dlu.

    ReplyDelete
  8. Sholeh BD. Jalur ka dtutup bkn hny krn pasirny yg sdh sdikit, tp jg proyek pngerukn untuk kantong2 lahar yg jg selesai.tu proyek langsung dr pemerintah pusat, mmbangun kota jakarta plus mminimalisir dampak lahar gn galunggung kdepan.

    ReplyDelete