Lingga Yoni di Kota Santri ~ Misteri Peninggalan Hindu Budha di Kota Tasikmalaya

Lingga Yoni, adakah dari kalian yang pernah mendengar kalimat tersebut ??? Khusus nya orang Tasikmalaya ?? Mungkin ada beberapa yang sudah tau dan kebanyakan masih belum tau.
Lingga yoni adalah benda peninggalan budaya masa klasik Hindu-Budha yang merupakan lambang kesuburan dari Dewa Siva dan Durga. Lingga yoni juga bisa diartikan sebagai lambang alat kelamin dari Laki-laki dan Wanita. Ya itulah seklias mengenai Lingga Yoni. Sudah kalian ketahui kan bahwa situs lingga yoni ini peninggalan agama Hindu-Budha.

Situs lingga yoni ini telah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia seperti halnya di Kebumen, Magelang yang memang banyak peninggalan Hindu-Budha lainnya. Tapi tahukah bahwa di Kota Tasikmalaya juga ditemukan situs Lingga Yoni ini !!!

Ya Situs Lingga Yoni ditemukan di Kota Tasikmalaya. Lokasi nya berada di Gunung Kabuyutan, Kampung Sindanglengo, Sukamaju Kidul, Kecamatan Indihiang. Atau berada di belakang Terminal Bis Indihiang dan berada didalam kawasan Pabrik Aspal.
Untuk bisa mengunjungi situs lingga yoni ini kita harus laporan dulu ke bagian security Pabrik aspal, lalu kita masuk ke area pabrik aspal nya dan kita terus jalan menuju ke perbukitan. Akan terlihat tangga yang dibuat dari semen, nah itu merupakan akses menuju lingga yoni, tinggal kita naiki tangga tersebut.
Situs lingga yoni ini sekarang sudah dipagar dan diberi pelindung, setelah adanya pengajuan. Saya bersama teman saya mengunjungi tempat tersebut dan agak terkejut juga ini hanya berupa bebatuan yang diukir, dan menurut saya tidak ada yang istimewa. Karena saya bersama teman saya berniat untuk membuat sebuah film dokumenter mengenai situs ini maka kami menggali terus informasi dan terus bertanya-tanya kepada warga sekitar.
Setelah berkeliling kesana-kemari akhirnya kami mendapatkan info yang pasti dari keluarga bapak uju, selanjutnya kami diantar kepada Jupernya Lingga Yoni yaitu ibu Heni yeni. Dan saya melakukan wawancara dengan beliau. Dan betapa kagetnya saya setelah ibu Heni yeni mengungkapkan berbagai informasi mengenai Lingga Yoni ini.

Yang pertama, Lingga Yoni ini sebelumnya tidak terawat dengan baik karena tidak ada bantuan dari pemerintah setempat, setelah ibu Heni yeni mengajukan berbagai proposal akhirnya dibangunlah akses menuju situs tersebut.
Yang kedua, situs lingga yoni ini masih terus diteliti oleh pihak peneliti dari Kota Bandung untuk menguak misteri yang ada disekitaran Lingga Yoni ini.
Yang ketiga ternyata situs lingga yoni ini bisa bergeser dan bisa berpindah tempat dengan sendirinya. Apabila kita pindahkan lingga yoni ini dia akan kembali ke tempat asal, dan apabila ada yang mencuri, orang yang mencurinya itu akan terkena musibah seperti sakit-sakitan. Itu sih menurut para warga tapi telah banyak warga yang mengetahui hal tersebut.
dan yang paling menakjubkan adalah dibawah Situs Lingga Yoni yang berada di puncak gunung Kabuyutan ini ditemukan seperti bangunan candi dibawahnya. Ibu Heni pun menunjukan foto-foto waktu penggalian di situs lingga yoni, dan benar saya, itu seperti bangunan candi. Apakah dibalik gunung kabuyutan ini adalah sebuah candi yang besar ?

Sayangnya situs ini seperti kurang diperhatikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tasikmalaya, padahal ibu Heni telah mengajukan berbagai proposal agar dibangun akses yang mudah menuju ke Situs Ligga Yoni, kemudian agar situs Lingga Yoni ini bisa digali dan diteliti lebih jauh lagi.
Bayangkan apabila di Kota Tasikmalaya ditemukan sebuah Candi, ini akan menjadi Candi ke-2 di Jawa Barat setelah Candi Cangkuang diGarut. Daftar tempat Pariwisata Tasikmalaya akan bertambah dan terungkap bahwa di Kota Tasikmalaya pada zaman dahulu terdapat kehidupan zaman Hindu-Budha.



Penggalian di kawasan Lingga Yoni Tasikmalaya

Tangga menuju situs Lingga Yoni Tasikmalaya

Pina - Ibu Heni - Silmi - Saya

Situs Lingga Yoni Tasikmalaya

Perjalanan Pulang

Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment