Informasi Umum Kota Tasikmalaya

Hallo warga Dunia !!! Selamat datang di blog saya !!! Kali ini saya akan menuntun kalian bagi kalian yang mau atau akan berkunjung ke Kota Tasikmalaya dan mengetahui lebih banyak tentang Kota Kelahiran saya, Kota Tasikmalaya !!! Sudah siapkah dirimu ???  Disini saya akan membahas mengenai Info-info Umum mengenai Kota Tasikmalaya dan beberapa info yang bisa jadi daya tarik kalian supaya terus-terusan mengunjungi Mutiara dari Priangan ini ingat ya saya memberikan info mengenai Kota Tasikmalaya bukan Kabupaten Tasikmalaya, sekarang kan Tasikmalaya ada 2 hehehee . Yo... Let’s Check this One Out !!!

Kota Tasikmalaya menurut Geografi



Selamat datang di Kota Tasikmalaya


Kota Tasikmalaya adalah kota yang berada di daerah Tenggara Provinsi Jawa Barat, memiliki luas 184.38 km2 (71.19 mil²). Kalau Menurut Koordinat, Kota Tasikmalaya itu berada pada 108° 08′ 38″ – 108° 24′ 02″ BT dan 7° 10′ – 7° 26′ 32″ LS. Batas Kota Tasikmalaya dari sebelah utara adalah Kabupaten Ciamis. Dari Indihiang ke Cihaurbeuti adalah batas sebelah utara Kota Tasikmalaya. Batas Di Sebelah Selatan melalui jalan Kawalu berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya Kecamatan Sukaraja. Dari Arah Barat akan berbatasan dengan Kecamatan Rajapolah di Kabupaten Tasikmalaya dan jalur Mangkubumi berbatasan dengan Kec. Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Di timur Kota Tasikmalaya akan berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis dan juga berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya di Kec. Manonjaya.
Peta Kota Tasikmalaya

Agama di Kota Tasikmalaya 
Mayoritas penduduk di Kota Tasikmalaya itu kebanyakan muslim dan muslimah. Ada juga sih beberapa yang memeluk agama Kristen, dan Kong hu Chu. Kalau bisa dibilang sih 97 % Penduduk Kota Tasikmalaya itu beragama Islam.

Masjid Agung Kota Tasikmalaya biasanya dijadikan sebagai pusat kegiatan muslim & muslimah se Kota Tasikmalaya. disetiap hari Jum'at Selalu dipadati muslim untuk melaksanakan Shalat Jum'at. Bahkan Akses ke Jalan HZ Mustofa pun dittup dari arah Jln Dr. Soekarjo.

Yang Non muslim juga jangan khawatir nyari tempat Ibadah. Tasikmalaya juga ada beberapa Gereja kok, yang besar sih sepertinya yang di Citapen, Gereja Bethel. Selain itu tidak jauh dari Bethel ke arah Barat ada Juga Gereja yang bersatu dengan Taman Kanak-kanak depan Bank BJB.


Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Pemerintahan di Kota Tasikmalaya
Pembentukan pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai pemerintahan daerah otonom ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001, selanjutnya pada tanggal 18 Oktober 2001, Drs. H. Wahyu Suradiharja dilantik sebagai Penjabat Walikota Tasikmalaya oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan di Gedung Sate Bandung.

Kota Tasikmalaya itu terdiri dari 10 Kecamatan dengan 69 Kelurahan. Nah 10 Kecamatan tersebut adalah Kawalu, Tamansari, Cibeureum, Purbaratu, Tawang, Cihideung, Mangkubumi, Indihiang, Bungursari, Cipedes.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.