Daftar Objek Wisata di Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya merupakan kota yang kaya akan industri kreatifnya berbagai produk asli yang menjadi andalan Kota Tasikmalaya berhasil menarik perhatian Wisatawan dalam negeri bahkan Luar Negri. Industri Kreatif ini sangatlah menjadi andalan bagi warga Tasikmalaya untuk memperkenalkan berbagai keragaman kerajinan yang ada di Kota Tasikmalaya serta untuk dijadikan buah tangan ketika jalan-jalan atau travelling di Kota Tasikmalaya ini. Nah berikut ini adalah beberapa tempat kerajinan yang ada di Kota Tasikmalaya yang bisa kamu kunjungi :

Sentra Kerajinan Batik Kota Tasikmalaya – Ciroyom Jln.cigeureung Kel.Nagarasari Kec.Cipedes
Sentra Kerajinan Alas kaki dari Kayu, Kelom Geulis – Kec.Tamansari
Sentra Kerajinan Payung Geulis – Parakanyasag Kec. Indihiang
Sentra Kerajinan Bordir – Kampung saguling Kec.Kawalu
Sentra Kerjinan Mendong  dan anyaman Pandan – Jln Bebedahan Kec.Cibeureum Kec.Purbaratu
Sentra Kerajinan sandal – Jln.Jend A.H Nasution Kec.Mangkubumi


Gerbang Sentra Kerajinan Mendong di Jln.Bebedahan - Disetiap sentra kerajinan menggunakan gapura seperti ini.

Selain berbagai sentra kerajinan yang ada di Kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya juga memeiliki berbagai potensi wisata . Seperti beberapa daftar yang ada di bawah ini. Berikut ini Wisata-Wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kota Tasikmalaya :

Wisata alam dan Budaya

Obyek Wisata : Situ Gede
Alamat : Desa Lingga Jaya Kec. Mangkubumi
Fasilitas : Gazebo, Rakit, Parkir Luas, Perahu Bermotor

Obyek Wisata : Curug Tonjong
Alamat : Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari

Obyek Wisata : Makam Syeh Abdul Ghorib
Alamat : Desa Gunung Gede Kawalu

Obyek Wisata : Makam Pubadilaya
Alamat : Pulau Situ Gede

Obyek Wisata : Dalem Sakarembong
Alamat : Jl. Bantarsari Indihiang

Obyek Wisata : Patilasan Purbasari
Alamat : Kel. Purbaratu Cibeureum

Obyek Wisata : Situs Hindu-Budha Lingga Yoni
Alamat : Kel. Sukamaju Kidul, Kec Indihiang
Informasi mengenai Situs Lingga Yoni : Situs Peninggalan Hindu Budha Lingga Yoni


Penggalian di Situs Lingga Yoni


Penggalian di Situs Lingga Yoni


Wisata Moderen

Obyek Wisata : Teejay Waterpark dan Kebun Binatang Mini Asia Plaza
Alamat : Kompleks Plaza Asia Jln.HZ Mustofa No.326
Fasilitas : Kolam Renang, Gazebo, Cafetaria, Kebun Binatang, Taman, Mainan Anak, Locker

 Obyek Wisata : Taman Rekreasi Mangkubumi
 Alamat : Jl. Raya Singaparna KM. 7
 Fasilitas : Kolam Renang, Taman Bermain, Cafetaria, Mushola, Gazebo, Sepeda Air.
 
 Obyek Wisata : Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya
 Alamat : Jl. Sukamulya Indihiang
Fasilitas : Kolam Renang, Taman, Mainan Anak-anak, Sepeda Air, Cafetaria, Mushola, Locker, R. Tunggu
 

Ada juga Obyek Wisata Taman Rekreasi Karang Resik di Jl. Mohammad Hatta dikat perbatasan dengan Kab.Ciamis  dengan Fasilitas seperti Kolam Renang, Taman Gazebo, Sepeda Air, Mushola, dan beebrapa monumen sejarah serta beberapa alat dan kendaraaan bekas perang melawan Penjajah Belanda, namun keadaannya sungguh mengkhawatirkan, seperti tidak pernah disentuh oleh para warga.

Wisata Karang resik sewaktu saya masih di Taman Kanak-kanak itu suasanannya sangat ramai dan bersih serta sering dikunjungi oleh para wisatawan, tapi semenjak negara api menyerang semuanya sudah berubah ...... Negara api ?? -_-“. Saya dan beberapa rekan sudah mengunjungi Wisata Karang Resik secara paksa, karena pintu masuk menuju karang resik digembok dan di kunci, karena ada celah saya dan rekan mencoba masuk, saya menelusuri apa yang sebenarnya terjadi di Wisata Karang Resik.

Menurut Para penjaga dan pekerja diKarang Resik. Kawasan wisata itu menjadi terbengkalai karena sekarang sudah disewa oleh seorang pengusaha orang keturunan cina. Karena kekurangan modal akhirnya wisata karang resik dibiarkan begitu saja dan Pemkot serta Pemkab pun tidak pernah ada yang mengunjungi kawasan wisata ini. Selain itu Situs wisata ini masih menjadi konfilk antara Pemerintahan Kota dan Kabupaten.
Sungguh disayangkan memang situs wisata serta sejarah seperti karang resik tidak dilestarikan dan tidak dimanfaatkan, padahal kalau dibuka kembali wisatawan pasti akan mengunjungi Wisata Karang Resik tersebut, telebih bisa dijadikan sebagai Rest Area karena berada di perbatasan Kab. Ciamis.


Kendaraan bekas Perang melawan Penjajah


Suasana di Kawasan Wisata Karang Resik


Yosh kita bahas wisata yang mengenyangkan perut. Yap, Wisata Kuliner !!!! Kota Tasikmalaya bisa jadi surganya kuliner di Priangan Timur , berbagai rumah makan, cafe-cafe dan warung-warung yang ada di Tasikmalaya menyediakan berbagai makanan mulai dari Makanan berat hingga camilan, Makanan barat, makanan Jepang, makanan korea, makanan arab, dan berbagai makanan yang sudah dikolaborasikan. Pokoknya kalau ke Kota Tasikmalaya jangan sampai takut cari tempat makan deh , dijamin dari pagi sampai tengah malam pun banyak yang masih buka !!! Nah saya akan memberikan beberapa tempat yang jadi pusat wisata kuliner di Kota Tasikmalaya :

- Jln. BKR (Badan Keamanan Rakyat)
Disepanjang jalan BKR yang menghubungkan dari Pusat Olahraga Dadaha hingga Universitas Siliwangi kalian akan menemukan berbagai saung atau warung-warung yang menjual makanan khas Kota Tasikmalaya yaitu Nasi Tutug Oncom atau yang lebih populer dengan Nasi T.O. Yap, nasi TO sekarang sudah menjadi makanan yang wajib dan bukan lagi makanan kampung !!!

Selain Tempat yang menjual Nasi TO. Kalian juga akan menemukan berbagai Rumah makan yang menyediakan berbagai menu seperti Nasi liwet, nasi bakar, juga berbagai hidangan lainnya.

Ada juga kedai Susu Murni yang populer yaitu SUMUR SI DOEL. Setiap malam kedai susu ini pasti penuh, soalnya kan enak malam-malam sambil berduaan sambil minum susu bareng ..... wwkwkwkwkw

Pokoknya di Sepanjang jalan BKR kamu akan temui berbagai tempat makanan yang enak, murah dan juga asik buat nongkrong bareng.

- Tarumanegara
Tarumanegara tempatnya strategis di pusat kota. Jalan yang satu ini sekarang mulai ramai sama tempat-tempat makan. Terlebih disini sudah dibangun Tarumanegara FoodCourt, yang sering dijadikan tempat buat acara nonton bareng dan beberapa event lainnya. Selain itu di Tarumanegara juga terdapat Kedai makanan Jepang yaitu Kedai Osaka. Kedai kecil ini menyediakan berbagai macam sushi dan juga mie ramen khas jepang. Nah bagi yang suka ngopi ada Lekker Coffe, tempatnya asik dan juga klasik lho ...

- UNSIL
Universitas siliwangi merupakan tempat strategis dimana kamu bisa menemukan berbagai jajanan khas mahasiswa. Ya disekitaran Kampus Universitas Siliwangi kalian akan menemukan berbagai roda-roda dan berbagai warung-warung makanan yang harganya juga sesuai dengan kantung para pelajar dan mahasiswa.

Dikawasan Universitas Siliwangi kalian bisa menemukan Pedagang Cimol atau Aci digemol didepan Halte Unsil yang sangat ramai. Selain itu ada juga beberapa pedagang Cibay. Ya, Cibay atau Aci Ngambay (Kalau Tidak salah hehe) Sekarang sedang menjadi jajanan yang trend di Tasikmalaya. Hampir dikawasan Universitas Siliwangi bisa kalian temukan berbagai pedagang Cibay yang beraneka rasa.

Setelah Kalian menemukan berbagai makanan di kawasan Universitas siliwangi , jangan takut untuk mencari minumannya. Nah Dikawasan Unsil ini banyak sekali berbagai warung Juice. Banyak sekali terdapat warung-warung juice di sekitaran kampus unsil. Selain itu juga ada Minuman yang juga lagi trend di Tasikmalaya yaitu CAPCIN atau Capucino Cincau.

Nah itu sih hanya beberapa referensi kuliner di Kota Tasikmalaya. Sebenarnya terdapat banyak sekali berbagai cafe-cafe atau yang sekarang lebih populer itu kedai-kedai di Kota Tasikmalaya yang menyediakan berbagai makanan yang enak khas dan murah. Kalau mau lebih lengkapnya coba deh buka website

www.wiskultasik.com

diwebsite wisata kuliner Tasik diatas kalian bisa menemukan berbagai tempat makan yang asik buat dikunjungi. Website yang didirikan oleh sekelompok orang muda kreatif pecinta Kuliner di Kota Tasikmalaya ini sangat gemar mengupdate berbagai tempat-tempat makan yang ada di Tasikmalaya lho .... Coba deh Follow beberapa akun sosial Komunitas Wisata Kuliner Tasikmalaya ....

Saya juga telah menulis beberapa Review tempat-tempat kuliner yang ada di Tasikmalaya . Silahkan dibaca disini :

Kedai Osaka Tasikmalaya
Martabak Ice Cream d’Wendys
Kedai Kake Tasikmalaya
Waroeng Kopi Lawas E18
Susu Murni SUMUR Si Doel
Pempek Padayungan

Ayo Berwisata di Kota Tasikmalaya !!! Kota Kecil yang membuat banyak cerita Indah !!!

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.