Tips Anak rantau di Kota Tasikmalaya

Tahun 2015 ini saya memulai aktifitas sebagai mahasiswa di Universitas Siliwangi di Kota Tasikmalaya, Kota kelahiran saya sendiri. Dan menariknya banyak sekali teman-teman mahasiswa yang bukan berasal dari Kota Tasikmalaya atau daerah Priangan Timur (Kota Tasikmalaya Kab.Tasikmalaya Kab.Ciamis Kab.Garut Kab.Pangandaran Kota Banjar). Sekarang banyak mahasiswa yang berasal dari daerah priangan timur bahkan dari luar pulau Jawa. 

Nah, karena alasan itulah saya membuat artikel ini. Dengan tujuan membantu para mahasiswa yang jauh atau para Perantau. Berikut saya kasih Tips-tips ketika kalian para rantauers berada di Kota Tasikmalaya : 

1. Tips Mengobrol. 

Bahasa Sunda yang merupakan bahasa lokal di Kota Tasikmalaya harus bisa dikuasai oleh Rantauers. Ada beberapa bahasa sunda dasar yang wajib kamu tau kalau kamu lagi di Tasikmalaya umumnya di Jawa Barat / Banten. 

Indonesia
Halus
Agak Kasar
Kasar
Aku
Abi
Urang
Aing
Kamu
Anjeun
Maneh
Sia
Jangan
Henteu Kenging
Ulah

Tidak Mau
Alim
Embung
Teu Hayang
Tidak

Henteu

Ya
Muhun
Enya
Heeuh
Silahkan
Mangga

Sok
Mau
Bade
Hayang
Arek
Lupa
Hilap
Poho

Maaf
Hapunten
Hampura

Terima Kasih
Hatur Nuhun / Nuhun


Permisi
Punten


Berapa ?
Sabaraha ?


Apa ?
Kulan ? (Pria) Kah ? (Wanita)
Naon ?

Kemana ?
Kamana ?


Bagaimana ?
Kumaha ?


Mengapa ?
Kunaon ?


Siapa ?
Saha ?


Mungkin ?!
Panginten ?!
Meureun ?!
Mungkin ?!
Besok
Enjing
Isuk

Kemarin
Kamari


Pergi
Angkat
Indit

Sampai
dugi
Nepi

Belum
Henteu Acan
Acan

Selesai
Atos


Tidak Tau
Kirang Terang
Duka
Teu Apal
Sama
Sami
Sarua
Akur
Beda
Benten
Beda

Lihat
tingali
tempo
Deuleu
Sendiri
Nyalira
Sorangan

Banyak
Seeur
Loba
Rea
Lagi / Sedang  (Kata Kerja)
Nuju
eukeur

Lagi

Deui

Sudah  (kata Kerja)
Atos
Enggeus

Kesini
Kadieu


Main
ameng
Ulin

Belajar
Diajar


Jauh
Tebih


Dekat
Caket
Deukeut

Naik

Naek

Disini
Palih dieu
Didieu

Disana
Palih ditu
diditu

Ambil
Candak
Cokot
bawa
Dari (kata Kerja)
Ti 

untuk
Kangge
Eukeur

Dan
Sareng
Jeung

Yang
Anu



Sebenarnya ada banyak kata-kata yang sering di sebutkan oleh orang-orang atau masyarakat sunda pada umumnya. Cuma , saya rangkum seperti tabel diatas

Berikut saya contohkan kata-kata diatas pada sebuah kalimat : 

Saya tidak mau makan ! - Abi Alim Emam
Saya tidak pulang - Abi henteu Uih
Saya sedang duduk - Abi nuju calik
Saya makan lagi - abi emam deui
Saya dari Palembang - Abi ti palembanh
Kue untuk kamu - Kueh kangge Anjeun 

Selain itu jangan menggunakan suara yang terlalu cepat ataupun keras. Kebanyakan orang sunda itu berbicara pelan dan tidak berisik. Ya pokoknya selow aja lah ... 

Biasakan setelah bertanya itu tersenyum dan berkata terima kasih / Hatur nuhun dalam bahasa Sunda.

Tambahan lagi, kalau mau beli sesuatu dan pedagangnya laki-laki biasakan panggil "Mang" kalau perempuan muda panggil saja "Teh" kalau yang sudah berumur ya panggil ibu saja.
Ada juga beberapa imbuhan yang sering diucapkan oleh orang sunda diantaranya :

- .... Teh
- ..... mah
- .....atuh
- da .....

dan beberapa kata imbuhan lainnya.

2. Tips Menentukan Tempat Bertemu

Banyak sekali tempat yang bisa di kunjungi oleh anak-anak rantau yang sedang di Tasikmalaya. Nah ada nih beberapa tempat strategis untuk kalian anak rantau yang ingin ketemuan atau istilah kekiniannya Meet Up :

- Alun-Alun Tasikmalaya
Tempat ini memang sangat strategis dan mudah dijangkau. Alun-Alun Tasikmalaya dilalui berbagai angkutan umum ke berbagai daerah di Tasikmalaya. Tapi tidak semua angkutan umum melintasi Alun-Alun Lho ... 

Akses menuju alun-alun mudah kok. 
Dari UNSIL kalian bisa naik angkutan umum atau Angkot 02 ke arah Cilolohan - Brigif  / 017 ke arah jalan BKR atau Dadaha minta turun saja di alun-alun. 

Pulangnya
Menuju UNSIL : Naik 02 Muter ke Doktor Sukarjo - Bantar - Cieunteung | Naik 017 Muter ke Pancasila - Sutisna Sanjaya - RS. Jaraknya lebih dekat kalau naik Angkot 017.

- Dadaha
Tempat yang setiap minggunya dijadikan pasar ini juga cocok dijadikan tempat untuk ketemuan. Selain semua orang tau tentang dadaha. Dadaha juga suka dijadikan tempat main, terlebih sekarang ada taman dadaha. 

Akses menuju Dadaha mudah kok. 
Dari UNSIL kalian bisa naik angkutan umum 017 ke arah jalan BKR

Pulangnya
Menuju UNSIL : Naik 017 ada yang ke Brigif ada yang ke BKR

- Masjid Agung Tasikmalaya
Ya sama halnya dengan Alun-Alun. Masjid Agung juga tempatnya strategis. Ada di tengah-tengah kota. Masjid Agung juga bisa di akses berbagai angkutan umum. Selain itu Dari Masjid Agung Kamu bisa jalan-jalan ke pusat Kota, tepatnya Jalan KH Zaenal Mustofa. Jalan KH Zaenal Mustofa merupakan tempat dimana Car Free Day setiap hari minggu pagi dilaksanakan. 

Akses menuju Masjid Agung mudah kok. 
Dari UNSIL kalian bisa naik angkutan umum atau Angkot 02 ke arah Cilolohan  / Brigif.

Pulangnya
Menuju UNSIL : Naik 02 Muter ke Doktor Sukarjo - Bantar - Cieunteung.
Info Tambahan : Kalau mau pulang dari Masjid Agung Terus Jalan-Jalan Ke HZ Mustofa Kalian bisa naik angkot 017 di Perempatan Rumah Sakit. Dari Jalan HZ Mustofa masuk ke jalan Tarumanegara Sebelum Toserba Yogya - Toserba Samudra. Setelah Bank BNI

3. Tips Mencari Tempat Makan

Yang suka kuliner Nih ada beberapa tempat yang harus kamu kunjungi. Tasikmalaya dikenal dengan makanan khas yaitu Nasi T.O. Kamu bisa mendapatkan Nasi T.O Disepanjang jalan BKR

Selain Nasi T.O ada berbagai tempat untuk mencoba kuliner di Tasikmalaya. 
Nih Saya kasih peta kuliner dan tempat oleh-oleh di Kota Tasikmalaya


Peta Kuliner Kota Tasikmalaya

Tempat yang asik buat kulineran di Tasikmalaya ada di Jalan Tarumanegara. Ada juga di Jalan Kalektoran. Pokonya banyak deh tempat asik buat kulineran sama nongkrong di tasikmalaya.

Akses menuju tempat-tempat kuliner di tasikmalaya dari UNSIL Cukup dengan naik angkutan kota 02 nanti kalian turun di Citapen / Doktor Soekarjo (Masjid Agung) Dari Masjid agung kalian bisa jalan kaki menuju kalektoran atau tarumanegara. Dekat kok Tidak Terlalu Jauh. Nah nanti Pulangnya bisa dari Perempatan Rumah sakit. Jalan saja dari Masjid Agung ke Jalan KH Zaenal Mustofa sampai ke perempatan Nagarawangi (Sebelum Yogya Toserba) Belok ke arah Kiri, nanti naik angkutan kota 017 menuju UNSIL. 

Nah selain itu ada juga yang khas dari Kota Tasikmalaya yaitu Roti. Ya ada 3 Produsen Roti Terbesar di Kota Tasikmalaya diantaranya ada Roti Ramona, Roti Lemona dan Roti Saera. 

Toko Roti Ramona Berada di Jalan Sutisna Senjaya. Dari UNSIL Cukup Naik 02 nanti turun di Halte depan Gereja. 

Toko Roti Lemona memiliki beberapa cabang di Tasikmalaya. Tapi Pusatnya ada di jalan Perintis Kemerdekaan dekat Pertigaan Radio Galuh dapat diakses oleh angkutan kota 03 dan 010. Sedangkan Cabangnya ada di Jalan BKR, Jalan AH Nasution, Jalan Doktor Soekarjo, Jalan Let.Basir Surya (Lanud Wiriadinata).

Sedangkan Tokoroti Saera terdapat di jalan Panyerutan dan jalan Gunung Sabeulah

4. Tips Transportasi di Kota Tasikmalaya

Bagi yang berasal dari luar Tasikmalaya ada berbagai moda transportasi yang bisa digunakan kalau mau pulang kampung atau menuju ke Tasikmalaya. Bisa naik bus maupun Kereta api.

Ada 2 Bus yang paling banyak dan sering digunakan oleh para rantauers yaitu Bus Primajasa dan Budiman.

Kalau dari arah UNSIL bisa naik 017 nanti bisa turun di Citapen lalu ganti angkot 08.
Nah setelah naik angkot 08 kalian bisa milih turun di Pul Budiman atau Primajasa soalnya sejalur.

Yang pertama 08 akan melewati jalan R.E Martadinata dimana ada Pul Primajasa di samping SMK Mitra Batik. Kalau dari Pul Primajasa ke UNSIL Bisa naik angkot 08 kemudian turun di Paseh ganti dengan angkot 02. Bisa juga naik angkot 05 Nanti turun di Pancasila ganti dengan angkot 017, bisa juga turun di perempatan gunung Sabeulah ganti dengan angkot 02.

Apabila mau ke Pul Budiman naik 08 nanti turun di Jalan Ir.H Juanda setelah Pul Primajasa.  Dari Pul Budiman ke UNSIL Bisa naik angkot 08 kemudian turun di Paseh ganti dengan angkot 02.

Kalau yang ingin ke Terminal Tasikmalaya yang berada di Indihiang kalian bisa naik 017 dari UNSIL Turun di Citapen / Alun-Alun, lalu naik angkot 05 menuju terminal. 


Kalau yang mau naik kereta api dari UNSIL naik 017 lalu turun di citapen. Bisa dengan jalan kaki menuju Stasiun atau naik 08 Turun di Stasiun.

Nah kalau kalian yang ingin keliling-keliling tasik dengan Angkot saya sudah buat Artikel khusus trayek Angkutan Kota Tasikmalaya . Silahkan buka Link :

Trayek Angkutan Kota Tasikmalaya

Untuk mengetahui angkot-angkot di Kota Tasikmalaya.

Kalau kalian ingin menjelajahi Pusat Kota Tasikmalaya , cukup dengan naik angkot 02 dari UNSIL. Nanti kalian turun saja di Masjid Agung Tasikmalaya. Dari sana kalian bisa jalan-jalan ke berbagai tempat seperti Alun-Alun, Mayasari Plaza, Cihideung, HZ Mustofa, Kalektoran, Tarumanegara dan lainnya. Kalau ingin pulang kalian bisa naik angkutan kota 017 di perempatan rumah sakit atau SMA 5 Tasikmalaya. 

5. Tempat Belanja / Nongkrong

Ya ini sih bisa jadi yang paling banyak di cari oleh anak rantau untuk menghilangkan penat mereka disaat tugas-tugas melanda. Ya Tasikmalaya memang kota yang Asik. Bagaimana tidak banyak tempat nongkrong yang bisa kalian kunjungi bareng teman-teman rantau kalian. Saya kasih nih daftar tempat buat nongkrong di Tasikmalaya  :






- Asia Plaza

Ya Plaza atau Mall yang terdapat di Jalan KH Mustafa ini memang menjadi tempat andalan banget deh buat anak-anak rantau yang mau main tapi enggak jauh-jauh. Soalnya di Asia Plaza ini bisa jadi paket komplit hiburan. Ada Tempat buat Nonton, Makan-makan, Permainan, toko buku bahkan sampai mini kebun binatang.

Akses menuju Asia Plaza dari UNSIL dekat kok. Bisa dengan jalan kaki atau naik angkutan umun 017 yang ke arah Dadaha nanti turun di perempatan Asrama Nyantong. ambil arah ke kiri.





- Mayasari Plaza
Mayasari Juga bisa jadi Alternatif selain Asia Plaza. walau ukurannya yang enggak terlalu besar, tapi Mayasari Plaza setiap weekend pasti penuh. Tempat asik buat sekedar nongkrong-nongkrong sama teman-teman sambil makan-makan di area Foodcourt. Biasanya nih tiap weekend Mayasari Plaza selalu ngadain event-event seru.

Kalau dari Arah Unsil Bisa naik angkutan umum 017 nanti turun di citapen lalu ganti angkot 05 turun di Perempatan Gunung Sabeulah - Pasar Wetan. Dilanjutkan Dengan Jalan kaki.

- Jalan Cihideung dan HZ Mustofa

Jalan Cihideung merupakan jalan yang dipenuhi oleh berbagai toko Emas dan Sepatu saya rasa. Ya di Jalan Cihideung ini kalian akan menemukan berbagai peralatan rumah tangga, fashion dan berbagai kebutuhan lainnya dengan harga yang murah meriah.

Nah Kalau Jalan HZ Mustofa. Setiap Hari minggu merupakan jalan yang dipakai untuk acara Car Free Day. Kurang lebih sepanjang 600 meter dari Tugu Adipura hingga Perempatan Cihideung Balong.

Dulu, area Car Free Day atau yang lebih sering di sebut CFD tempanya orang-orang olahraga, ada yang jogging, sepedahan, senam. Tapi semakin kesini semakin seperti pasar. Banyak sekali pedagang mulai dari makanan, pakaian, aksesoris sampai perabotan rumah tangga pun ada di area CFD. Ya bis ajadi sih alternatif juga untuk kalian yang males ke pasar. 
Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

39 komentar:

  1. Replies
    1. Itu enggak beli , itu dikasih pas cfd trus di tempat kuliner juga suka ada :D

      Delete
  2. Terima kasih atas informasinya :D
    Sangat membantu (:

    ReplyDelete
  3. Bro klo dari stasiun tasik mau ke manonjaya naek angkot nomor berapa?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau angkot sih enggak ada yang langsung paling naik dulu angkot 01 turun di pertigaan lanud terus naik bus 3/4

      Delete
  4. punten bade tumaros, kalo dari stasiun mau naik bis jurusan cirebon, naiknya darimana? haturnuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Stasiun Ke Simpang lima disana banyak bus Jurusan Cirebon, Dari Stasiun Cukup naik 08 minta turun di simpang lima, atau jalan kaki juga bisa walau agak jauh :D semoga membantu

      Delete
  5. Kalau dari bandung naik kereta api ketasikmalaya , statisiun yang paling dekat dengan terminal indihiang itu stasiun mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya Stasiun Tasikmalaya yang biasa disinggahi kereta. Turun dari St.Tasikmalaya kalau mau ke terminal bisa naik angkot 08 atau 05 (dari alun-alun)

      Delete
  6. Kalau dari UNSIL mau ke singaparna harus naik angkutan apa ya? Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik angkot 010 dari padayungan terus naik Elf / Bus 3/4 / Gelebeg

      Delete
  7. Kak,kalau dari terminal indihiang ke mall asia plaza naik angkot apa ya?,watersplash indihiang masih buka tidak ya?
    hatur nuhun ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari terminal indihiang bisa naik angkot 05 nanti turun di perempatan gunung sabeulah kemudian naik angkot 02 nanti turun tepat di depan Asia Plaza, nah kalau watersplash sudah ditutup lumayan lama ...

      Delete
  8. Satu lagi kak,kalau mau ke gunung Galunggung dari kota naik apa ya kak?, ke kotanya lagi naik apa ya?
    Makasih kak,it's the first time

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih angkutan dari galunggung cuman enggak sampai ke kota paling ke singaparna / cisayong

      Delete
  9. mau tanya kalo kampung batugajah tau ? klo mau naik kereta dari jakarta turun di stasiun mana ?

    ReplyDelete
  10. mau tanya kalo kampung batugajah tau ? klo mau naik kereta dari jakarta turun di stasiun mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jakarta Naik Kereta Serayu turun di Stasiun Tasikmalaya

      Delete
  11. Punten pengen ikutan nanya ; kalo dr hz mustofa (asrama nyantong) mau ke baiturrahman/re martadinata (pp) ada angkot yg sekali naik atau mesti ganti angkot..? Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dua kali naik sih, enggak ada yang langsung, 02 baru 05/08 atau 017 baru 05/08

      Delete
  12. Mau nanya kalau dari indiang ke mall asia plaza naik angkot apa aja dan pulangnya juga naik angkot brp ?

    ReplyDelete
  13. Kalo 02 itu 24 jam ga yaaa ?? Mhon jwbnnya

    ReplyDelete
  14. Selain 02 yg melewati jalur mall asia plaza apa aja ?

    ReplyDelete
  15. Mas kalau dari stasiun tasik ke pol budiman naik apaa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik angkot 08 langsung turun depan pul budiman

      Delete
    2. Mas,kalo dari stasiun tasikmalaya ke pasar pancasila naik angkot apa? Thanks

      Delete
  16. Dari dp masjid al-mutaqqin mau ke asia plaza, PP naik angkot no brp ya?

    ReplyDelete
  17. kang kalo dr pul budiman mau ke unsil naik apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup dekat dari stasiun tasik ke pancasila, bisa jalan kaki kalau mau mbak, atau naik angkot 05 di jalan dewisartika atau angkot 09 di jalan pemuda. :) bisa di lihat di postingan blog saya yang lainnya mbak tentang stasiun tasikmalaya

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Mau nnya... Klau dri jl dadaha dkt upi.... Nunggu bus pling dket d jl mna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus arah kemana ? kalau ke arah Pantura tunggu saja di simpang lima, dari jalan dadaha bisa naing angkot dulu. Kalau bus ke arah Barat (Bandung Jakarta) atau ke daerah timur (Yogya / Solo ) datang saja ke pool atau terminal .

      Delete
  21. Dari asia plaza mau ke terminal indihiang naik angkot berapa ya?

    ReplyDelete