Menikmati ketinggian di Gunung Api Purba Nglanggeran

Guung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu bagian dari kawasan Geopark UNESCO Gunung Sewu yang berada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Saya bersama seluruh mahasiswa Geografi tingkat 2 berkunjung ke Gunung Api Purba Ini pada 18 Januari 2017 .

Kurang lebih 1 kilometer menuju Lokasi bisa terlihat Gagahnya Gunung Api Purba Nglanggeran yang tinggi dan kokoh.

Sebelum kami menaiki puncak Gunung Api Purba kami diberi pengarahan dan diberi materi mengenai Situs Geopark ini oleh sang alhi yaitu Pak Budi Hartono yang khas dengan logat jawa nya yang membuat pemberian materi menjadi lebih menarik.

Setelah itu kami memulai pendakian ke puncak Gunung Api Purba.
Pak Budi Hartono sedang memberi penjelasan mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran

Mmengikuti Jalan Setapak menuju Puncak gunung api purba kami lewati. ada 5 Pos sebelum menuju ke Puncak Gunung Api Purba dan disepanjang perjalanan kami disuguhi berbagai pemandangan dan keanekaragaman bentuk dari Gunung Apri Purba ini. Terdapat dua lorong sempit yang harus kita lewati untuk menuju puncak yang pertama ciri khas lorong sempitnya adalah adanya batu yang berada di atas kepala terapit oleh dua tebing.

Celah bebatuan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta

Celah bebatuan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta
Jalan Semakin menanjak dan cuaca sangat bersahabat waktu itu. Tidak semua mahasiswa ikut ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ini sebagian ada yang cuma sampai di pos-pos.

menuju puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta
Nah Lorong sempit yang kedua memiliki ciri khas yaitu udara yang dingin, lorongnya lebih sempit dari sebelumnya, lebih gelap juga. Sebelum memasuki Lorong ada Papan dengan tulisan "Makin Sempit Makin Asik".

Makin Smepit, Makin Asik Celah bebatuan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta

Beberapa meter sebelum puncak saya menemukan serangga yang memiliki warna unik dengan  titik-titik warna kuning.

Serangga dengan warna yang unik di Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran adalah 700 meter diatas permukaan laut. Terdapat Ciri berupa Tiang Bendera dan juga bendera Merah putih yang berkibar di puncak Gunung. Puncak satunya lagi yang kami tempati berada di ketinggian 670 meter diatas permukaan laut. Terdapat sebuah pos.

Salah satu puncak Gunung Api Purba Nglanggeran dengan ketinggian 670 meter diatas permukaan laut. 

Nah Gunung Api Nglanggeran ini terbentuk 60 juta Tahun yang lalu. Cukup lama bukan ?? Dari puncak gunung kita bisa melihat Sisa-sisa hasil letusan Gunung Api Purba Nglanggeran serta dapat melihat Embung Nglanggeran, seperti sebuah danau diatas bukit.  Di Sini uga kalian bisa nge Camp lho...

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.