Nikmati panorama Kota Banjar di Puncak Pagerbatu.

Pemandangan di Puncak Pagerbatu Kota Banjar, Jawa Barat.

Kota Banjar di Jawa Barat memang memiliki luas wilayang yang tidak terlalu besar, hanya 131,97 kilometer persegi yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis. Walaupun luas wilayah yang tidak terlalu besar, Kota Banjar masih memiliki lahan hijau yang sangat luas bahkan bisa dibilang mempunyai hutan. Meskipun secara administratif telah menjadi Kota bukan lagi kabupaten, penamaan wilayahnya masih terbilang kabupaten karena masih menggunakan Dusun dan Desa, bukan Kelurahan.

Terlepas dari itu semua Kota Banjar sekarang memang sedang berkembang pesat. Selain memiliki Stasiun Besar yang menghubungkan Kota Banjar dengan kota lainnya, Kota Banjar juga merupakan akses menuju ke Pangandaran, yang sekarang menjadi wilayah administratif sendiri lepas dari Kabupaten Ciamis sejak tahun 2012. Perkembangan lainnya adalah dari tempat wisata. Seperti yang saya jelaskan diatas, banjar masih memiliki Hutan atau kawasan hutan yang berada pada ketinggian antara 100-500 meter diatas permukaan laut. Kecamatan Pataruman adalah kecamatan yang memiliki dataran lebih tinggi dari kecamatan lainnya dan juga memiliki lahan hijau yang masih luas. Dan disini lah salah satu tempat wisata baru di Kota Banjar yaitu Puncak Pagerbatu. 
Puncak Pagerbatu tersedia Spot Foto I ❤ U

Spot foto ❤ yang cocok untuk foto banyak orang di Puncak Pagerbatu Kota Banjar
Puncak Pagerbatu berada di Dusun Pagerbatu RT 21 RW 07 Desa Batulawang , kecamatan Pataruman Kota Banjar. Letaknya sekitar 8 kilometer tenggara Kota Banjar bisa melalui jalan Banjar-Pangandaran. Lokasi ini berada di ketinggian 240 meter diatas permukaan laut. Nah dari ketinggiannya kita bisa menebak, apa sih keunggulan dari tempat wisata ini ??? 

Ya, Puncak Pagerbatu memiliki keunggulan dimana kita bisa menikmati panorama Kota Banjar dari ketinggian dengan beberapa spot Foto yang bisa kita tempati. Lokasi wisata ini memang sedang dalam pengembangan dan ditargetkan menjadi wisata unggulan terutama di wilayah Batulawang. Setiap orang atau pengunjung yang datang ke Puncak Pagerbatu ini dikenakan tarif Rp.2000 saja untuk parkir kendaraan bermotor. PArkir di pinggir jalan dan setelah dari tempat perkir kita harus jalan kaki sekitar 600 meter menuju Puncak Pagerbatu. 

Kedepannya tempat wisata Puncak Pagerbatu ini akan dibangun kurang lebih 16 Fasilitas beberapa diantaranya akan ada Flying Fox, Wall Climbing, Jogging Track, Tangga Pelangi, Kebun Bunga, Taman Lampion, Kafe dan Restoran.

Puncak Pagerbatu tersedia Spot Foto I ❤ U di belakangnya terdapat Spot sangkar Burung

Tempat sampah di lokasi wisata Puncak Pagerbatu Kota Banjar

Wisata Puncak Pagerbatu di Kota Banjar hanya buka hari Sabtu dan Minggu. 

Salah satu warung yang ada di lokasi Puncak Pagerbatu. 

Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment