Geography Travelling Club Universitas Siliwangi , menyatukan hobi dengan ilmu.

Foto bersama Geografi Travelling Club Universitas Siliwangi


Sabtu Pagi pada 9 September 2017. Beberapa mahasiswa Pendidikan Geografi dari tingkat 2, tingkat 3 dan tingkat 4 berkumpul di Kampus Universitas Siliwangi dengan Jaket Oranye. Mereka akan melakukan perjalanan ke Curug Ciparay yang ada di Kecamatan Cigalontang. Total ada 27 Mahasiswa yang mengikuti trip ini, trip ke Curug Ciparay ini bisa dibilang trip dengan anggota yang ikut terbanyak yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2014, 2015 dan 2016. 

Sebelumnya memang keberadaan Geografi Travelling Club ini sempat vakum karena tidak adanya kegiatan. Sampai akhirnya dari mahasiswa angkatan 2016 mulai untuk merintis kembali Geografi Travelling Club atau yang disingkat GTC ini. Sebelumnya GTC Sendiri bernama Geografi Touring Club yang didirikan sekitar tahun 2006 didirikan oleh salah satu mahasiswa yang sekarang menjadi Dosen di Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Siliwangi. Trip pertama GTC ketika awal-awal adalah ke Pantai Pangandaran, setelah dari sana GTC kembali vakum hingga akhirnya pada pertengahan tahun 2014 mahasiswa angkatan 2012 melakukan touring ke Curug Dendeng Cipatujah, saat itu belum termasuk agenda GTC, hingga ada hasrat untuk membangun atau menghidupkan GTC kembali. Pada 10 Desember 2014 resmi lah GTC dihidupkan kembali dengan nama baru yaitu Geografi Traveling Club. Pada tahun 2015 GTC kembali di hidupkan oleh Ketua Ankatan 2015, M.Dwi Sakti dengan trip ke Curug Dengdeng yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015 , dari sana beberapa trip sudah dilakukan seperti trip ke Pantai Batu Karas, Trip ke Curug Sawer, dan pada 2016 GTC berubah nama menjadi Geografi Travelling Club atas gagasan para mahasiswa dan disetujui oleh Dosen Geografi. 

Selain itu GTC sendiri sekaarang memiliki Lambang dan dengan Tagline We Explore, We Learn. GTC Generasi baru bertujuan agar selain kita mengeksplore tempat atau tujuan kita juga bisa belajar tentang kenampakan dan kejadian yang ada, selain itu hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita bisa bersyukur atau bertafakur terhadap alam yang diciptakan oleh Tuhan. 

Kembali ke Trip Curug Ciparay, setelah berkunjung ke Curug dan menikmati sensasi air yang menyegarkan, anggota GTC melakukan GPS atau Gerakan Pungut sampah yang berada disekitaran Area Wisata Curug Ciparay Taiskmalaya, setelah itu barulah seluruh anggota Sharing mengenai Curug Ciparay. Salah Satu Mahasiswa angkatan 2015, Abdul Goni, menjelaskan bagaimana Curug atau Air terjun itu terjadi dan pemaparan ini sempat mengundang perhatian beberapa pemilik warung dan penjaga curug. Setelah saling sharing mengenai kelimuannya, seluruh anggota GTC dari angkatan 2014 - 2016 saling berkenalan, untuk lebih mengeratkan tali silaturahmi antar mahasiswa Geografi. 

Kedepannya berharap agar GTC yang diketuai oleh Wildan dari angkatan 2016 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai angkatan, serta bisa menampung hobi dari para mahasiswa Geografi Universitas Siliwangi, serta seluruh anggota GTC memiliki jiwa sosial yang tinggi ketika melakukan suatu perjalanan. Nah bagi mahasiswa geografi yang ingin ikut bisa menghubungi akun sosial media Instagram GTC dengan akun @gtcunsil_tsm


Dan ini adalah kegiatan ketika Trip ke Curug Ciparay yang terdokumentasikan di akun Instagram GTC
PErjalanan ke Curug Ciparay Tasikmalaya
Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment