Menikmati kesegaran di Leuwi Jubleg, Bungbulang, Kabupaten Garut

Air terjun Leuwi Jubleg Kabupaten Garut


Destinasi yang asik dan Gratis ada di Garut Kidul atau Garut Selatan tepatnya berada di  Kampung Cikupa Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut, namanya Leuwi Jubleg. Apabila diartikan Leuwi artinya Cekungan dan Jubleg adalah Lesung atau tempat untuk menumbuk. Mungkin penamaan Leuwi jubleg ini adalah karena Air Terjun kecil ini membentuk sebuah cekungan yang mirip dengan lesung tempat padi ditumbuk maka dari itu diberi nama Leuwi Jubleg. Leuwi Jubleg sendiri berjarak sekitar 76 Kilometer dari Garut Kota. Memiliki ketinggian sekitar 570 meter diatas permukaan laut.

Leuwi Jubleg ini memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan, berada di dalam hutan yang rimbun, menurut warga ketinggian Leuwi Jubleg ini sekitar 2-3 meter. Sedangkan apabila kalian keatasnya lagi ada yang lebih dalam sekitar lebih dari 5 meter. Kebetulan saya datang ketika Bulan Desember dan airnya jernih. Bagi yang belum bisa renang bisa kok di sekitaran aliran Leuwi Jubleg nya jangan dekat Curug nya.

Disini tersedia bilik ganti saja dan tidak ada pungutan harga masuk, baik itu tiket masuk atau tiket parkir. Saya sendiri memarkirkan kendaraan di dekat rumah warga.

Nah bagi yang ingin ke leuwi jubleg dari Garut kalian bisa lewat jalan Bungbulang . Sebelum pasar bungbulang terdapat Gapura desa Cihikeu dan disampingnya ada pangkalan ojek didepan Gapura Jalan terdapat depan mie baso urat. Nah kalian masuk ke jalan Desa Cihikeu terus saja ikuti jalan . Nah nanti itu belok kiri dari jalan masuk ke jalan lebih kecil ada kok petunjuknya. Nah nanti juga di dekat sawah ada petunjuk lagi. Tapi dari sawah kalian harus jalan kaki menuju Leuwi Jubleg.

Papan peringatan di Leuwi Jubleg Kabupaten Garut

Aliran air dari Leuwi Jubleg Kabupaten Garut

Menikmati Kejernihan Leuwi Jubleg Kabupaten Garut.

Share on Google Plus

About Andri

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

1 komentar: