Menelusuri Curug Citiis dan lembah Sungai Cikunir di Kaki Gunung Galunggung Tasikmalaya

Sungai Cikunir merupakan jalur aliran lahar Gunung Galunggung. Sungai Cikunir Berada di Desa Lingga Jati, Kecamatan Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Hulu Sungai ini berada di Gunung Galunggung. 
Aliran Sungai Cikunir dilihat dari Kawah Gunung Galunggung - Sumber Foto : Advjourney 
Aliran sungai Cikunir memang terlihat jelas kalau kita mendaki ke kawah Gunung Galunggung . Areanya cukup lebar. Ya kebanyakan orang memang memandang aliran sungai ini dari jauh. Lalu seperti apakah aliran sungai Cikunir ini yang menjadi aliran Lahar dari Gunung Galunggung ???

Perjalanan menyusuri Sungai Cikunir ini saya awali dari Kolam Pemandian Citiis, karena kendaraan tidak bisa dibawa jadi di parkir di area parkir kolam. 

Waktu Tempuh sekitar 1 jam perjalanan sampai ke Curug Cikunir yang merupakan batas atau tempat terakhir kita bisa menelusuri Sungai Cikunir. Memang tidak sampai ke hulu karena ada Curug yang tingginya sekitar 5 meter-an. 

Pemandangan Gunung Galunggung dari aliran Sungai Cikunir Tasikmalaya

Sungai Cikunir ini bisa disebut Lembah, karena Lembah merupakan Tanah rendah yang terletak di kaki gunung, atau sepanjang sungai. Lembah dibatasi oleh dinding lereng gunung. ( atau bisa juga disebut Ngarai karena Ngarai juga dapat diartikan sebagai lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang sangat curam ) NOTE : Correct Me If I Wrong

Kenapa demikian ?? Karena Memang Aliran sungai Cikunir yang berada di Kaki gunung Galunggung ini memiliki Tebing-tebing yang tinggi, bukan hanya itu Ngarai Cikunir ini juga memiliki lebar sekitar 50 meter-an. Semakin mendekan ke Gunung Galunggung maka semakin sempit dan tentunya semakin tinggi tebingnya. Itu yang saya lihat ketika Menelusuri Lembah sungai Cikunir ini
Perjalanan Pulang Lembah Sungai Cikunir

Aliran air di Lembah Sungai Cikunir

Aliran air dan Tebing tinggi di Lembah Sungai Cikunir
Disepanjang perjalanan setapak , saya melewati berbagai hal unik mulai dari kolam-kolam yang sudah di semen yang menampung air belerang, kemudian ada aliran air panas yang mengeluarkan asap dan hawa panasnya pun terasa saat mendekatinya, 

Banyaknya batuan besar bisa kita temukan di sepanjang perjalanan. ada juga batuan berwarna putih yang asalnya batuan biasa namun berubah jadi putih, jadi batuan tersebut seperti ada yang melapisinya.  Dan Setelah kita berjalan menelusuri jalan setapak dan bebatuan tibalah di ujung jalan tepatnya di Curug Citiis
Aliran dari Curug Citiis Tebing tinggi di Lembah Sungai Cikunir
Curug Citiis di Lembah Sungai Cikunir


Selain itu sudah cukup lama curug ini menjadi semacam tempat titual atau istialh bahasa Sunda adalah pananyaan. Banyak orang mengalap berkah dengan air curug ini karena diyakini memiliki banyak khasiat. Hal itu juga dikaitkan dengan keberadaan makam Eyang Prabu Semplak Waja, Eyang Tajimalela dan Eyang Susuk Tunggal.



Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment