Menjelajahi Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya

Gunungapi Galunggung (G. Galunggung) merupakan gunungapi aktif yang memiliki danau kawah di puncak, berdiamter 1000 m dengan kedalaman 11 m dan mempunyai volume air lebih kurang 750 m3. Di dalam kawah ini terdapat kerucut sinder setinggi 30 m dari dasar kawah dan kaki kerucut berukuran 250 x 165 meter yang terbentuk selama periode erupsi 1982-1983. Secara geografis G. Galunggung berada pada posisi 7º 15’ LS dan 108º 03’ BT dengan tinggi puncaknya 2168 m dari permukaan laut. Untuk kawahnya sendiri berada di ketinggan 1236 meter diatas permukaan laut.

Kawah Gunung Galunggun berisi Danau Vulkanik yang airnya berasal dari Hujan yang mengisi lubang kepundan atau Kaldera. Di Kawah Galunggung biasanya dijadikan tempat untuk Camp.



Menuju Kawah Gunung Galunggung

Menuruni Bukit Berpasir Gunung Galunggung
Jalur Menuju Kawah Gunung Galunggung ada 2 Yang pertama kita bisa menuruni Bukit pasir yang berada di sebelah Selatan dan Menuruni Jalan Setapak di Sebelah Utara,

Apabila Volume dalam Danau naik maka akan terlihat seperti sebuah pulau kecil dengan bendera Merah Putih yang menancap di tengahnya, dan kita tidak bisa menuju ke pulau tersebut. Kecuali kalau saat musim kemarau dan disaat volume air danau turun.

Camp di Kawah Gunung Galunggung

Camp di Kawah Gunung Galunggung
Di Kawah Gunung Galunggung terdapat Aliran air yang berasal dari curug atau Air Terjun. Airnya melewati aliran bebatuan yang cantik.
Aliran Sungai di Kawah Gunung Galunggung

Aliran Sungai di Kawah Gunung Galunggung

Tebing dan Aliran Sungai di Kawah Gunung Galunggung

Tebing dan Aliran Sungai di Kawah Gunung Galunggung
Yang Paling menarik di Kawah gunung Galunggung ini adalah terdapatnya Mushola. Jarak dari Tengah-tengah Kawah Galunggung / dari Pulau di kawah galunggung menuju Mushola ini sekitar 700 Meter , atau 1 Kilometer apabila turun dari bukit berpasir melewati jalan setapak yang sudah ada.  Disana juga terdapat warung dan sebuah kolam untuk berwudhu. Pemilik Warung samping Masjid sendiri belum tau bagaimana asal-usul mushola ini dibangun.

Dibelakang Mushola terdapat Gua yang katanya bisa menghubungkan kita dengan alam lain atau bisa pergi ke tempat lain. Namun gua ini sudah di tutup karena takutnya ada Kemusrikan.

Gerbang Menuju Mushola di Kawah Gunung Galunggung

Jalan Menuju Mushola di Kawah Gunung Galunggung

Mushola di Kawah Gunung Galunggung

Warung  di Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung


Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.