Persiapan Pengembangan Geopark di wilayah Priangan Timur

Perwakilan Jurusan Geografi Universitas Siliwangi di Sosialisasi Geopark Priangan Timur

Pada tanggal 11 dan 12 Maret 2016. Museum Geologi melakukan Sosialisasi untuk membentuk sebuah Geopark di kawasan Priangan timur. Sosialisasi ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Santika. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Museum Geologi Ir. Oman Abdurahman MT. 

Geopark di Indonesia masih terbilah tertinggal dibanding negara lain. Geopark terdiri dari 3 unsur yaitui Keragaman Geologi, Keragaman Hayati dan juga Keragaman Budaya. Melalui Geopark, kita bisa memberikan manfaat positif seperti Konservasi dan Edukasi, Pembangunan ekonomi dan pemberdayaan Masyarakat. 

Untuk Jawa Barat Sendiri baru ada Ciletuh yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Selain Ciletuh ada potensi lain di Jawa Barat tepatnya di daerah Priangan timur. Priangan Timur yang mencangkup Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran sendiri memiliki beberapa tempat yang memiliki potensi untuk dijadikan Geopark Seperti Kawasan Batu Jasper Merah di Pancatengah, kemudian Cagar Alam Pananjung di Pangandaran, kemudian situs di Tambaksari. 

Ir. Oman abdurahman MT memberikan materi mengenai peran Museum Geologi dalam Geopark di Sosialisasi Geopark Priangan Timur

Acara Sosialisasi ini dihadiri oleh Pihak-pihak yang memiliki peran penting dalam pembangunan Geopark Priangan Timur ini seperti dari Dinas Pariwisata dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis, serta turut hadir dari Dinas Pendidikan Tasikmalaya. Dihadiri juga dari akademisi Universitas Siliwangi khususnya dari Jurusan Pendidikan Geografi yang memiliki kaitan erat dengan Geopark serta dari Komunitas Kreatif di Kota Tasikmalaya. 

Moderator Dr. Iman Hilman, S.Pd., M.Pd (Kiri) Bersama pemateri  DR. Siti Fadjarajani, MT. (tengah) dan H. Nedi Sunaedi, M.Si. (Kanan) pada Sosialisasi Geopark Priangan Timur  
Selain kegiatan berupa sosialisasi dan diskusi di dalam ruangan. Pada hari ke 2, Para peserta diajak menuju Gunung Galunggung yang merupakan calon dari kawasan Geopark Priangan timur. Di Gunung Galunggung Para Peserta Sosialisasi Geopark Priangan timur diberi penjelasan bagaimana proses pembentukan sepuluh ribu bukit di Tasikmalaya yang dibentuk oleh letusan Gunung Galunggung pada 4000 tahun yang lalu. Namun adanya kegiatan pertambangan, dan penggalian tanah , kini sepuluh ribu bukit ini semakin berkurang.
sosialisasi Gepark Priangan Timur di Gunung Galunggung

sosialisasi Gepark Priangan Timur di Gunung Galunggung
Memang masih banyak sekali hal yang harus kita persiapkan untuk membuat sebuah kawasan Geopark. Namun, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat terbentuknya sebuah tim khusus untuk melancarkan proses terbentuknya Geopark di Priangan timur, jadi sosialisasi ini tidak hanya sekedar sosialisasi tapi ada output atau hasil yang bisa di terealisasi.
Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment