Backpacking ke Pulau Lombok Bagian 2 : Ada apa di Pulau Lombok ?

Lama sekali tidak share postingan ini gara-gara sibuk OMBUS atau Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi, kebetulan saya jadi Panitia ^_^. Sebelumnya Saya telah menceritakan perjalanan panjang dari Tasikmalaya sampai ke Kota Mataram di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah Sekarang Saya akan berbagi cerita ada apa saja sih di Pulau Lombok. Memang tidak akan semuanya saya bahas karena saat di Lombok saya mengunjungi beberapa tempat saja. Oke Langsung Saja... 

Setelah Saya melaksanakan kongres IMAHAGI di Universitas Muhammadiyah Mataram , saya diajak untuk field Trip ke beberapa Lokasi di Pulau Lombok. PErtama Kita Mengunjungi Museum Negeri NTB.

Museum Negeri NTB ini lokasinya bersampingan dengan LPMP atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan dan Dekat dengan SMA Negeri 2 Mataram. Di Museum Negeri NTB ini terdapat banyak sekali koleksi khas dari Nusa Tenggara dan Bali. Ada Alat musik, Pakaian adat, Senjata, Sejarah, Tulisan, Keramik dan banyak lagi koleksi nya. Miniatur Borobudur juga ada lho.
Salah satu pakaian adat pernikahan suku sasak

Kain tenun khas suku sasak 

Alat Musik Tradisional suku sasak

Jangkar Besar di halaman Museum Negeri NTB, salah satu koleksi Museum
Setelah dari Museum Negeri NTB saya bersama teman-teman IMAHAGI diajak untuk mengunjungi desa adat suku sasak, Sade. Dikampung adat ini kita diajak keliling, melihat wanita-wanita yang kebanyakan sudah ibu-ibu sedang menenun. Kemudian kita diajak ke Masjid-nya. Suasana masjidnya nyaman adem walaupun ukurannya tidak bisa menampung banyak jemaah, tapi suasanannya bikin hati tenang. 

Rumah adat di Dusun sasak, Sade ini bentuknya memang khas, terus dalamnya juga terbuat dari tanah liat dan kotoran. ya Kotoran Binatang.

Oh ya, kata pemandu wisata yang kemungkinan orang sade juga, Perempuan yang tinggal di sana harus bisa menenun kalau mau menikah, kalau tidak bisa berarti belum biizinkan untuk menikah. Pernikahan di Suku sasak ini harus kawin lari, atau calon pria harus menculik calon wanita. Ya itu lah beberapa keunikan adat dari suku sasak.
Penenun di Dusun Sasak, Sade

Upacara Pernikahan suku sasak.

Gerbang menuju Dusun Sasak , Sade

Sebenarnya selain ke 2 tempat yang saya ceritakan ada tempt lagi yaitu Pantai Tanjung Ann yang sudah saya share di postingan : Pantai Pasir Merica dan Pantai Tanjung Aan . Ya itulah beberapa tempat yang saya kunjungi di Pulau Lombok. Semoga tempat lain bisa saya kunjungi dan berharap kembali lagi ke Pulau Indah ini. ^_^

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.