Backpacking Singkat ke Bandung dan Yogyakarta dalam 2 Hari

Dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke 71, PT.KAI mengadakan promo harga tiket kereta jarak jauh. Promo yang ditawarkan cukup fantastis dari harga normal yang lebih dari Rp.100.000 di diskon hanya Rp.28.000. Promo ini berlaku dari pemesanan tanggal 24 - 29 September 2016.

Awalnya saya berniat untuk memesan tiket mengelilingi jalur utara pulau jawa. Tapi semua itu berubah setelah banyak teman saya yang ingin mencoba moda transportasi ini. Akhirnya Rute dirubah dari Tasikmalaya menuju Yogyakarta.

Tanggal 24 September 2016 tepat pukul 00.00 WIB Server Tiket PT KAI dan Aplikasi KAI Access Down. Ternyata banyak yang sudah menantikan promo ini. Sampai akhirnya jam 02.00 WIB semua kembali normal dan hanya menyisakan beberapa tiket kosong. Dan akhirnya 5 Orang dari kami yang berhasil memesan dan membeli tiket kereta Tasikmalaya - Yogyakarta begitupun sebaliknya.

Setelah saya iseng melihat situs Tiket PT KAI ternyata tiket promo Tasikmalaya Bandung masih tersisa. Awalnya saya sudah booking namun belum bayar, namun karena teman saya yang enggak jadi ke Yogyakarta istilahnya memanas-manasi akhirnya FIX Tiket Tasikmalaya - Bandung dan sebaliknya sudah saya pesan dan bayar.

Untuk mengatur jadwal kereta tersebut saya harus pintar-pintar agar tidak mengganggu jam perkuliahan. Alhamdulillah, Saya dapat menyeimbangkan anatara waktu kuliah dan pelesiran saya.

Dan Inilah Petualangan saya dalam Promosi tiket KAI

Hari 1 Selasa, 27 September 2016

07:00 - 10:20 Saya Berangkat ke Kampus untuk kuliah 4 SKS. Setelah pulang saya bersiap untuk pergi ke Kota Bandung dengan Kereta Lodaya Pagi.

Menunggu Kereta Api Lodaya pagi di stasiun Tasikmalaya

Interior Gerbong Kereta Api Lodaya Pagi.


12:08 - 16:00 Tiba di stasiun satu jam lebih awal dari jadwal kedatangan Kereta Api. Saya parkirkan Motor di Stasiun. Tepat Jam 13:08 Kereta Lodaya dari Arah Timur tiba di Stasiun Tasikmalaya dan perjalanan pun saya mulai.

Di Kereta saya sebangku dengan Ibu-ibu muda dari Yogyakarta. Kami berbincang seru, si ibu menceritakan anak-anaknya. Ada yang sedang kuliah di politeknik di Bandung ada yang sudah bekerja dan ada anak bungsunya Cewek dia juga kuliah dan katanya anak bungsunya itu cewek yang susah diatur, umurnya tidak berbeda jauh dengan saya.

16:00 - 19:00 Saya tiba di Stasiun Bandung pada pukul 16:00 WIB dan saya langsung pergi ke Mushola setelah itu Cetak Boarding Pass tiket Pulang, saya cetak lebih awal agar nanti tidak ngantri.

Hasil Belanjaan Saya di Papaya Fresh Gallery Bandung

Onigiri Tuna dan Salmon harga Rp.11.500 satu biji di Papaya Fresh Gallery Bandung. 


Tujuan awal saya langsung pergi ke Salah satu Supermarket Khas Jepang namanya PAPAYA dengan menaiki Angkot St.Hall - Ledeng. Tanpa ragu saya langsung mengambil keranjang belanja dan ambil makanan yang memang khas Jepang tidak ada di tempat lain. Setelah bayar di kasir ternyata jumlah belanjaan saya melebihi yang saya targetkan. Shock tapi merasa puas lah. padahal Uang tersebut adalah uang bekal untuk Saya Ke Yogyakarta. Pulang dari Papaya saya naik Angkot Kebon Kalapa - Ledeng dan Turun di Jalan Lengkong Besar. Saat Saya naik Angkot Kebon Kalapa - Ledeng Cuaca mulai hujan dan semakin lebat. Dari Lengkong Besar saya jalan kaki hingga Stasiun Bandung.

19:30 - 22:14 Di Stasiun Saya istirahat setelah jalan kaki sambil hujan-hujanan. Setelah itu langsung naik Kereta Api Turangga. Sampai di Tasikmalaya pada 22:14 dan saya langsung naik Motor yang sudah saya parkirkan sejak jam 12:00 siang dan bayar parkir Rp.8000.

Interior Kereta Api Turangga 
Hari 2 Rabu, 28 September 2016

08:40 - 10:20 Seperti biasa saya pergi ke kampus , belajar satu mata kuliah dengan 2 sks bersama 3 orang teman saya yang akan pergi ke Yogyakarta. Sedangkan 2 Teman Saya Kuliah ikut jadwal Kelas Lain yang dimulai jam 7:00.

11:00 - 15:56 Saya Datang dengan santai ke Stasiun dengan hanya membawa tas selempang kecil, tidak seperti saat saya ke Bandung yang membawa backpack. Saya langsung Check-in mencetak Boarding Pass dan ternyata 2 teman saya tidak membawa identitas yang sudah saya ingatkan setiap chat di BBM. Alhasil mereka kembali ke kosan dan kereta Argo Wilis yang akan kami tumpangi datang. Mereka masih belum kembali hingga pemberitahuan kereta akan berangkat, klaskson kereta berbunyi dengan keras tanda akan berjalan dan akhirnya Saya bersama Wahyu dan Daryono yang naik kereta serta kedua teman saya Fajar dan Dodi tidak keburu datang.

Lokomotif yang membawa rangkaian Argo Wilis tiba di Stasiun Tasikmalaya

Interior Gerbong Eksekutif 5 Argo Wilis


Saya berada di gerbong Eksekutif 4 yang penumpangnya hampir Orang Luar Negeri yang sudah berumur. Mungkin sekitar 10-orangan termasuk saya Penumpang Lokalnya.

Dua Hari terakhir saya sama sekali tidak memakan makanan berat hanya 2 Onigiri saja saat perjalanan pulang dari Bandung ke Tasik. Saya putuskan akhirnya memesan makanan di Kereta Argo Wilis, kereta langganan Para Bule. Say putuskan membeli Nasi Goreng seharga Rp.30.000, sebenarnya kurang cuku kalau sampai kenyang tapi lumayan lah pengganjal perut.

Nasi Goreng Bakso di Kereta Argo Wilis


15:56 - 23:00 Tiba di stasiun Tugu Yogyakarta pada 15:56, kami bertiga langsung jalan-jalan menuju MAlioboro yang jaraknya tidak jauh dari Stasiun tugu Yogyakarta.

Jalan terus sampai ke pasar Bringharjo. Gagal ke benteng Vredeburg karena sudah tutup, perjalanan dilanjutkan sampai Ke Kraton Yogyakarta, tak lupa mengambil Foto.

Daryono - Saya - Wahyu di depan pintu gerbang Benteng Vredeburg


Setelah dari Kraton kami berhenti di Depan Taman Pintar dan makan Bakso seharga Rp.8000 per porsi, dilanjutkan Shalat Magrib.

Setelah Shalat kami memutuskan naik Trans Yogya Trayek 1 A. Dan .... Kejadian yang di harapkan terjadi. Kami harus rela Turun di Halte Janti karena Bus Trans Yogya sudah waktunya untuk berhenti beropretasi. Waktu itu jam menunjukan 21:10. Dan Akhirnya kami jalan kaki dari Halte Janti menuju ke Tugu Yogyakarta.

Istirahat Sejenak di Mini Market depan Ambarukmo Plaza. Salah satu teman saya Daryono menghubungi temannya yang kuliah di Yogyakarta, akhirnya pertolongan pun datang, KAmi diantar oleh teman-temannya Daryono yang salah satunya bernama Tata langsung menuju Tugu Yogyakarta.

Di Tugu Yogyakarta kami Foto-foto ^_^

Foto bersama di Tugu Yogyakarta - Wahyu, Tata, Daryono, Saya

Miniatur Yogyakarta. 


23:20 - Kamis, 29 September 2016 05:16. Dari Tugu Yogyakarta kami teruskan menuju Stasiun Tugu Yogya dengan Jalan kaki. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada temannya daryono, Tata atas bantuannya yang diberikan kepada kami.

Wahyu Saya dan Daryono bersiap pulang ke Kota Tasikmalaya


Kami bersiap pulang ke Tasikmalaya menunggu kereta Api Malabar yang datang jam 23:32. Akhirnya kereta datang. 05:16 Akhirnya kami tiba di Tasikmalaya di suasana pagi yang dingin dan cahaya matahari mulai terang. Kami Istirahat untuk memulai kuliah pada jam 13:00.


Ini adalah petualangan jauh tersingkat yang pernah saya alami. Apalagi tidak mengganggu kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu kuliah. Semoga dengan adanya tiket Promosi ini saya bisa banyak berpetualang dan PT KAI Menjadi Moda Transportasi yang di unggulkan dan dibanggakan. Terima Kasih PT KAI Atas Promo Tiketnya. ^_^

Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment