Sensasi Menginap di Hotel Kapsul.

Hotel Kapsul merupakan sebuah terobosan terbaru di industri Perhotelan, dimana Hotel ini dirancang bagi yang akan melakukan trip singkat atau sekedar menginap singkat dan melanjutkan perjalanan. Hotel Kapsul sendiri awalnya dari Jepang . Di Jepang sendiri, Hotel ini banyak digunakan oleh pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja di pagi hari berikutnya. Yang saya liat Hotel Kapsul itu kaya mesin Cuci bentuknya.

POD House adalah Hotel Kapsul pertama di Indonesia yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain POD House semakin banyak Hotel Kapsul yang ada di Indonesia khususnya Kota-kota besar di Pulau Jawa. Nah tidak perlu Ke Jepang ya untuk menginap di Hotel Kapsul. Di Indonesia juga ada, kebetulan saya juga pernah merasakan yang namanya Hotel Kapsul.

1. My Studio Hostel, Surabaya

Dalam perjalanan saya ketika Ke Malang dan pulang dari Surabaya saya memutuskan untuk memesan penginapan di My Studio Hostel di Surabaya. Harganya Rp.110.000, harga tersebut saya dapatkan saat booking di Website PegiPegi, harganya lebih murah karena kalau pesan langsung harganya Rp.150.000.

Fasilitas yang saya terima di My Studio Hostel ini adalah:
- Kasur dengan Bantal dan Selimut
- Terdapat Breakfast berupa roti yang bisa di panggang serta bisa menggunakai Selai atau coklat.
- Meja
- Stop Kontak
- Gantungan

Walaupun dalam satu ruangan terdapat banyak sekali tempat tidur tapi tenang privasi terjaga dan barang bawaan juga aman karena tersedia locker. Sayangnya ketika saya datang saya tidak diberi kunci loker karena memang menginap singkat sekali. Tiba di Surabaya dari Probolinggo (Setelah dari Malang) jam 10 malam dan Check Out Pagi jam 6 . Terdapat tirai atau gorden yang ditarik sebagai sekat untuk menjaga privasi kita. Kasurnya empuk dan nyaman, pinggir-pinggir terbuat dari triplek kayu. Cukup kedap suara.

Jarak dari Stasiun Surabaya Gubeng cukup dekat sekitar 200 meter. Jadi cocok kalau kalian yang mau ngetrip singkat semalam bisa istirahatnya disini.

Interior Room Capsule di My Studio Hostel Kota Surabaya

Suasana di Interior Room Capsule di My Studio Hostel Kota Surabaya
Minusnya di My Studio Hostel ini adalah di setiap lantai hanya ada satu Kamar mandi jadi harus bergantian menunggu yang lainnya kecuali ke lantai yang lainnya. Terus ketika pertama kali ke Kamar mandinya, toiletnya sangat kotor sisa POOP nya masih ada terus susah untuk dibilas juga. Sepertinya penghuni kamar sebelumnya yang menggunakan toilet, tidak membilas toilet dengan bersih. Tapi beruntung besok pagi nya toliet sudah bersih.

2. Sleep & Sleep Capsule Hostel Semarang

Pengalaman Menginap di Hotel Kapsul yang kedua saya rasakan di Kota Semarang. Berbeda dengan pengalaman sebelumnya, Saya sudah booking jauh-jauh hari bahkan H-30. Dengan Harga yang menurut saya sangat bersahabat apalagi bagi para backpacking yang sedang Backpacker-an di Kota Semarang. Lokasi Strategis di pusat kota Semarang dekat dengan Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Juga sekitar 1 Kilometer menuju Lawang Sewu.

Untuk Menemukan Sleep & Sleep Capsule Hostel ini mudah kok ada bangunan yang ada perosotannya nah dibawahnya. Jadi Sleep & Sleep ini lokasinya ada di Pojok Gedung tersebut. Jangan masuk ke dalam gedung yang ada perosotannya tapi masuk ke samping kanan bawah Gedung itu.

Kesan pertama di Sleep & Sleep Capsule Hostel ini terlihat rapih, resepsionis nya ramah dengan baju kuning saat itu (Lupa lagi wkwkwkw) Property lobby nya juga bagus, lantainnya ada gambar jalan gitu, ada souvenir yang bisa kita beli, ada makanan juga. Sebelum ke kamar si mbak nya nawarin paket perlengkapan mandi seperti sabun, handuk, sikat gigi dll. Harganya murah, tapi berhubung saya bawa sendiri jadi saya tidak beli.

Nah kamarnya itu ada 3 Tingkat. Tingkat atas itu adalah harga yang paling murah, yang tengah medium yang bawah yang agak mahal (Tapi tetap murah sih) Yang paling atas harganya cuma Rp.34.000 (Harga yang saya booking via Online) yang paling bawah itu kalau tidak salah sekitar Rp.55.000 untuk satu malam nya. Di dalam satu kamar terdapat beberapa bed , sepertinya dipisah antara kamar laki-laki dengan perempuan. Identik dengan warna Oranye dan Kuning kalau tidak salah (Kuning lagi wkwkwkw) Ruangannya sejuk terus bersih pula.

Jadi dengan harga Rp.34.000 dengan bed paling atas kita cuma mendapatkan Fasilitas bed dengan Bantal DAN WIFI GRATIS !!!! Ya lupa, jadi sebelum kita diantar ke Kamar kita akan dikasih Kunci untuk locker dan kertas kecil berupa ID dan Password WIFI. WIFInya Lancar dan Cepat lho !!! heheee Oh iya di bed juga ada Stopkontak jadi ga usah khawatir kehabisan batre kamera atu smartphone kamu ya.
Suasana di Sleep & Sleep Capsule Hostel Semarang

Room di Sleep & Sleep Capsule Hostel Semarang

Interior Sleep & Sleep Capsule Hostel Semarang
Kalau menurut saya minus nya itu kita enggak dikasih atau disediakan selimut oh iya dan untuk yang mau sewa bed paling atas harus hati-hati soalnya salah satu penghuni yang ngobrol dengan saya kebetulan dari Rancaekek katanya "Paur" atau agak seram ketika kita turun dari bed . Soalnya lumayan tinggi sih ada sekitar 5 meter-an. Iya saya juga ngerasa gitu sih apalagi saat itu kaki saya sedang bermasalah jadi agak seram juga kalau jatuh. Ya kalau seram bisa sewa bed yg bawah kok sama-sama murah cuma Rp.55.000-an.

Selai itu yang saya penasaran sih jadi di setiap suduh ruangan , baik itu di kamar mandi, di kamar, maupun di lobby ada arang. Saya kurang tau fungsi arang itu untuk apa yang jelas hampir setiap sudut itu ditaruh arang.  Tebakan saya sih Mungkin berupa tradisi jawa gitu.