Tips Mendaki Gunung untuk Wanita

Kegiatan Outdoor sekalah sedang marak di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Ini semua dimulai ketika Film tentang mendaki dan Acara Petualangan di TV. Mendaki Seolah-olah menjadi alternatif liburan.

Kegiatan pendakian ini biasanya dilakukan oleh kaum pria yang memiliki tenaga yang cukup kuat namun banyak juga kaum wanita yang jago-jago dalam hal mendaki. Kegiatan Mendaki memang bukan sembarangan, harus dipersiapkan secara matang. Terlebih untuk para wanita yang mau mendaki ikuti tips di bawah ini untuk melancarkan kegiatan pendakian kalian



1. Olahraga

Yah ini wajib sih sebagai pemanasan sebelum mendaki gunung. Mendaki gunung juga kan olahraga nah olah raga sebelum mendaki itu pemanasan. Ini sifatnya wajib agar nanti pas mendaki kalian bisa mengatur ritme pendakian, bisa mengatur nafas dan biar kaki terbiasa melangkah. Biasakan seminggu sebelum pendakian itu jogging tiap pagi atau sore, bisa juga berenang.


2. Bawa Tisu Basah dan Kering

Ya saya sendiri suka bawa tisu basah karena memang berguna sebagai pengganti Mandi atau membersihkan badan dari berbagai kotoran yang menempel seperti debu, muka berminyak dan lainnya. Bukan hanya untuk membersihkan badan tapi juga berguna untuk membersihkan berbagai peralatan, seperti tempat makan.

3. Pakaian Mendaki

Tentukan banyaknya pakaian yang akan kamu bawa dan pakai dan harus mengetahui seberapa lama kamu akan lama di gunung. Bahan pakaian yang banyak dianjurkan adalah polyesters, acrylics atau bahan ripstop yang sudah teruji handal untuk dijadikan kemeja lapang.

4. Bawa Deodorant

Yang pasti ini lebih baik dari pada bawa parfume. Sekarang kan sudah tersedia kemasan yang ekonomis dan ringan untuk dibawa.

5. Pakai Sunblok

Sesuai dengan pengalaman sendiri, ketika mendaki sebaiknya pakai sunblock dulu. Ini bisa membuat kulit terjaga setelah mendaki. Kalau enggak, kulit wajah akan pudar, akan mengelupas, ini biasanya terjadi sehari atau dua hari setelah pendakian. Diawali dengan rasa panas dan wajah memerah.

6. Pakai Kacamata dari pada Kontak Lensa

Kalau pakai lensa kontak nanti mata kalian bisa iritasi karena keadaan nya yang tidak memungkinkan. Pakai kacamata lebih aman.

7. Aksesoris

Kacamata Hitam Yang pasti agar kalian enggak silau dengan cahaya matahari dan biar keche pas di foto. Cukup itu saja aksesoris yang dibawa , selebihnya paling Jam Tangan. Aksesoris seperti gelang, anting, atau yang ribet jangan di bawa deh. Kamu mau ke mall apa mau mendaki ???

film Wild 2014


8. Bawa Kain / Slayer / Bandana

Ya ini sekarang memang lagi nge hits banget dikalangan anak muda. Bandana yang multi fungsi memang banyak di buru dan dipakai, memang ini juga sangat berguna bagi kalian yang mau melakukan pendakian.

9. Bawa Sarung Tangan

Enggak mau kan tanganmu kedinginan terus terkena duri-duri pepohonan atau digigit serangga ??? Pakai Sarung Tangan !!! Aman dan praktis kok

10. Tips Buang Air

Cari tempat yang jauh dari keramaian para pendaki. Cari lah semak-semak. Kemudian buat lah galian. Kalian juga bisa bawa sarung atau kain apa lah sebagai penutup akan lebih baik kalau ada yang nemenin, tapi sesama cewek Ingat !!!

11. Jangan Diet

Bahaya sekali kalau kamu melakukan program diet saat medaki gunung. Makan lah, karena bila tidak membahayakan kamu dan rombongan lainnya. Makan yang banyak pun tidak apa apa karena kalori yang dimakan juga nanti akan keluar karena aktifitas pendakian.

12. Menu Makanan

Makanan jangan cuma Mie di Rebus terus di bumbui. Coba makanan lain seperti sayur atau goreng telur. Atau kalau mau mie bisa juga berkreasi dengan membuat Miedog , Mie dan Telur yang di goreng. Pasti Mantap.

13. Waktu Tidur

Kamu Wajib tidur dan jangan terlalu larut malam sampai lebih dari jam 11, apalagi kalau yang mau mendaki ke puncak. Tidur malam merupakan cara terbaik dan terapi untuk kulit-kulit kamu.

14. Waktu Mensturasi

Ini yang dipermasalahkan sama cewek-cewek. Apalagi teman saya kalau mens itu suka nangis enggak karuan, ya bilangnya itu sakit, tapi susah dijelasin sakitnya kayak gimana. Maka dari itu kalian hars tau jadwal mensturasi agar pas pendakian enggak ribet, bawa juga pembalut.

15. Teman wanita

Ini juga penting sih biar kamu enggak terlalu kesepian kalau nomongin masalah cewek yang enggak bisa di share sama cowok. Se Tomboy-tomboy nya seorang cewek pasti ada sifat ke-wanitaannya muncul dan pasti butuh seorang cewek untuk menemaninnya. Jadi pastikan kalau kamu mau mendaki ada teman sesama wanita ya.

16. Jujur

Ya Sifat jujur memang sangat diperlukan dan dibutuhkan setiap orang. Ketika Mendaki jujurlah pada dirisendiri dan pada orang lain. Ketika kamu mulai kelelahan bicara lah kepada rekan kamu, karena itu sangat penting, jangan memaksakan terus mendai tanpa henti. Selain itu kamu juga harus jujur kalau kamu punya penyakit yang dirasa atau penyakin yang sedang menimpa kamu. Karena cukup berbahaya kalau punya penyakit berat dan kamu memaksa untuk naik gunung.

Sumber : Hipwee
Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment