Bagaimana cara menjadi Traveller Cerdas

Yang suka Travelling Mana Suaranya !!!!! Traveling memang hal yang bisa membuat kita belajar berbagai hal dan menemukan sesuatu yang baru. Bukan hanya menikmati suatu tempat yang kita tuju tapi juga bisa memaknai perjalanan di setiap langkahnya.



Berbagai orang pasti punya caranya masing-masing untuk melakukan travelling. Ada yang jadi Backpacker, Touring naik motor, ada yang Spontan, dan banyak lainnya. Tapi apakah kamu sudah menjadi seorang traveller yang baik ? Apakah kamu menjadi seorang Traveller yang cerdas ?
Yuk kita bahas bagaimana sih cirinya kita menjadi seorang traveller yang Oke banget !!! Let's Check This out

- Melakukan Persiapan yang matang
Kalau kamu travelling yang membutuhkan waktu berhari-hari hingga ber minggu-minggu kamu pasti akan merencanakan berbagai persiapan dan kesiapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Mulai dari tempat-tempat apa saja yang akan kita kunjungi, menentukan transportasi apa yang akan kita gunakan seperti Pesawat, Bus, atau Kereta Api. Sampai menghitung berapa pengeluaran yang akan kita gunakan saat travelling. Dan kamu tidak pernah melakukan perjalanan dimana kamu tidak punya planning sama sekali. Kecuali untuk yang travellingnya dilakukan sehari pulang pergi.

Packing is an Art

- Menghindari bawa barang berlebih
Kadang kita suka membawa berbagai barang saat kita mau travelling dan hampir kayak mau pindahan rumah. Kemas lah tas mu seringkas mungkin dan bawalah benda-benda yang memang sangat dibutuhkan saat travelling. Tata lah barang-barang kamu di tas kamu dengan baik dan benar, agar ketika kamu membutuhkan sesuatu tidak rempot-repot harus membongkar semua isi tasmu. Ada juga lho seni mengepack barang dalam tas untuk traveller.

- Gunakan Gadget atau Smarphone dengan Bijak
Seperti yang kita bahas sebelumnya, Travelling itu jangan sambil ber sosial media. Jadikanlah Gadget kamu sebagai peta petunjuk perjalanankamu. Sekarang banyak kok aplikasi petunjuk arah tinggal di download dan install. Selain itu Dagdet kamu juga bisa bergunas ebagai memo untuk menyimpan berbagai catatan penting seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta atau pesawat nomer telepon penting dan lainnya. Ingat Gadget jangan dipakai untuk update status saat Travelling tapi gunakan sebagai Kompas moderen kita.

Tersesat bisa menemukan Keindahan yang Tersembunyi - Curug Ciparay Tasikmalaya


- Tersesat membawa kita ke pengalaman yang baru
Saat Travelling tersesat ? Pasti ada yang pernah ngalamin hal ini. Tapi saat kita tersesat dalam perjalanan kita jangan lah kamu khawatir akan hal itu . Terkadang disaat tersesat kita bisa menemukan hal yang tersembunyi yang belum pernah orang lain ketahui dan itu bisa jadi nilai plus buat kamu. Terkadang kamu perlu sedikit keluar jalur untuk menemukan pengalaman yang berbeda dan nantinya kalian akan kembali ke tujuan awal.




- Sadarlah bahwa kamu adalah seorang Tamu yang harus menjaga Perilaku.
Sedikit petikan dari pendaki Gunung yaitu :


  • Jangan mengambil apapun kecuali foto,
  • Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, dan
  • Jangan membunuh apapun kecuali waktu.

Hal itu juga berlaku bagi para Traveller dimanapun dan kemanapun tujuan kamu. Janganlah kamu melakukan hal-hal yang merusak tempat wisata, mau itu wisata yang sudah terkekola ataupun yang belum terjamah manusia. Jangan kalian membuang sampah sembarangan ambillah jika tidak ada tempat sampai dan simpan ke tempat sampah jika kamu menemukannya. Jangan lah mengambil sesuatu seenaknya tanpa memiliki ijin.

Perbedaan dan Saling Menghargai itu indah - Sumber http://www.bacajuga.com/


- Berbanggalah ketika kamu bisa menghormati warga lokal
Setiap tempat yang kamu kunjungi pasti memiliki suatu adat atau aturan yang tentunya harus kalian patuhi. Kalian harus menaati setiap aturan-aturan tersebut tanpa bertingkah laku aneh dan melanggarnya, tentu kamu tau kan akibatnya kalau melanggar aturan atau adat setempat ?. Selain itu kalian juga harus menghargai kebudayaan lokalnya misalnya mempelajari salam dari bahasa lokal untuk berinteraksi walau pun tidak terlalu banyak kata yang kamu ketahui, cukup salam pun kalian sudah bisa menghargai kebudayaan lokal.

Tiket Masuk Wisata gunung Galunggung


- Bayar tiket masuk
Untuk memasuki sebuah kawasan wisata akan dikenakan biaya tiket masuk mulai dari yang ribuan rupiah hingga puluhan ribu rupiah. Uang yang kita bayarkan tersebut artinya kita telah berkontibusi untuk menjaga dan memajukan tempat wisata tersebut. Traveller egois adalah mereka yang ingin masuk menyelinap ke tempat wisata berdalih supaya lebih murah dan iri. Jelas itu bukan untuk di contoh bagi seluruh Traveller. Bahkan itu bisa membahayakan kamu lho , seperti kalau mau naik gunung kalau terjadi sesuatu orang pun akan sulit mencari data dan penanganan.

- Lebih baik datang awal
Saat kamu melakukan sebuah perjalanan kamu pasti akan menemukan sebuah jadwal mau itu jadwal pemberangkatan pesawat, kereta atau bus kota. Agar kalian tidak mengalami antrian panjang untuk membeli sebuah tiket perjalanan, datang lah lebih awal agar kamu tidak perlu khawatir ketinggalan angkutan. Kalau kamu mepet dan terburu buru, coba sabar karena itu juga kesalahan kamu sendiri. Jangan sampai menyela antrian !!

- Punya Rencana Cadangan
Kadang rencanamu gak selalu berjalan mulus. Tiba-tiba hujan, ada demo, tempat wisata ditutup, maupun keberangkatan pesawat yang ditunda bisa aja mengacaukan jadwal yang udah kamu susun. Tapi, itu gak terlalu menjadi masalah buat traveler yang cerdas, karena kamu punya rencana cadangan yang gak kalah menarik untuk dilakukan, bahkan sekalipun kamu lagi gak bisa ke mana-mana. Bagimu, traveling gak melulu soal destinasi, tapi juga gimana caranya menikmati hal-hal yang terjadi.

- Mengantisipasi Hal Buruk
Biasakan kamu itu siap kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti menyimpan uang di beberapa tempat agar kalau kecopetan masih ada cadangan uang lainnya. Atau hal apapun itu kamu harus bisa meminimalkan resiko selama melakukan travelling.



- Hindari ribut di dorm hostel
Terkadang kita suka mengobrol dan berbagi berbagai pengalaman travelling kepada sesama traveller. Tentunya kita bisa mendapat banyak pelajaran dan pengalaman dari mereka. Tapi ingat !!! Hostel tempat untuk berinstirahat. Saat kamu berada di hostel jaga lah ketertiban dan ketenangan agar pengguna hostel yang lainnya tidak terganggu waktu istirahatnya.

- Mengambil hikmah dari perjalanan
Apa gunanya traveling kalau itu gak menjadikanmu pribadi yang lebih baik? Sebagai traveler yang cerdas, kamu selalu berusaha mengevaluasi dan mengambil pelajaran dari perjalananmu. Baik itu sekadar mengevaluasi biaya perjalanan, sampai menyesapi kearifan lokal dari warga yang tempatnya kamu singgahi. Kamu mampu menjadikan perjalananmu sebagai pengalaman yang unik dan berharga.

Traveler cerdas gak cuma bisa menjadikan perjalanannya efisien, tapi juga mampu peka dalam menangkap esensi dari petualangannya. Apakah kamu seorang traveler muda yang cerdas? Yuk, belajar sama-sama.

Sumber : HIPWEE
Share on Google Plus

About Andri Pratama

CEO - Founder - Author - Reporter - Photographer of Blog Hayu Travelling. ASIK - Asli Tasik . USIK - Urang Tasik . Live in Tasikmalaya City, West Java Province, Indonesia.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment