Situs Kabuyutan Linggawangi Kabupaten Tasikmalaya

Berbagai tinggalan purbakala yang ada dilokasi Kabuyutan Linggawangi menjadi bukti adanya pemerintahan masa silam yakni Kerajaan Galunggung, setelah pemerintahan dalam bentuk kebatanaan, yaitu Kebataraan Galunggung, salah satu penguasa galunggung pada masa kerajaan adalah Batary Hyang.

Lokasi situs terdapat di sekitar lokasi Saung Galah (lokasi pernah berdirinya Saung Gede/saung galah/Keraton) yakni di Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari, di sekitar lokasi tersebut terdapat lokasi situs Heger Hanjuang lokasi ditemukannya Benda Cagar Budaya (prasasti Geger Hanjuang) yang menyatakan berdidinya kerajaan Galunggung pada tahun 1111 masehi. Kepercayaan tradisionil penduduk desa Linggawangi yang menganggap Rumantak sebagai bekas keraton Galunggung ternyata dalam dan didukung oleh prasasti Geger Hanjuang.

Kampung Gegerhanjuang tempat ditemukannya prasasti dank ke 12 periuk keramik kecil untuk bahan dapat diperkirakan hampir pasti bekas kabuyutan Galunggung. Di sanalah mungkin para penguasa Galunggung dipusarakan. Prasasti raja-raja Sunda sampai saat ini biasanya ditemukan pada komplek kabuyutan

Sumber DISPARBUD

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.