Menikmati kesegaran Curug Panganten Sadananya Kabupaten Ciamis


Curug Cipanganten Sadananya Kabupaten Ciamis

Curug Panganten yang berada di Cisaga sebelumnya pernah saya posting tahun 2014 lalu. Postingan Curug Panganten Cisaga bisa di klik disini. Nah adal lagi Perpangantenan di Ciamis namanya tidak beda jauh hanya ditambah Ci. Curug Cipanganten ini lokasinya ada di Sadananya tepatnya di Kaki Gunung Sawal di Dusun Cukang Uncal Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.  

Mengenai asal-usul nama Panganten ini cukup berbeda dengan Curug Panganten yang ada di Cisaga. Jika yang di Cisaga adalah karena adanya sepasang pengantin yang bunuh diri nah Curug Panganten di Sadananya ini dinamai Panganten karena adanya pertemuan antara dua sungai yaitu Sungai Cipanyeuseuhan dan Cileueur yang menjadi satu seperti halnya sepasang pengantin yang menjadi satu. Sungai aja bersatu kalian kapan ?? wwwkkwkwkwkw

Oke Akses Lokasi menuju Curug Cipanganten sebenarnya tidak terlalu Sulit hanya akan membingungkan bari orang yang baru pertama kali ke tempat ini karena sering dijumpai persimpangan jalan. Jika kalian Cari Di Google Maps atau aplikasi peta akan ditemukan dua Curug bernama Panganten seperti dibawah ini : 


Nah yang sekarang saya bahas adalah curug Panganten yang di beri tanda kotak merah. Saran saya jangan memakai Petunjuk arah di Aplikasi Peta atau Google Maps karena jalan yg ditunjukan kurang akurat (memutar melalui cadas ngampar) Jika ingin menggunakan Google Maps silahkan cari di Google Maps Koordinat 7°14'42.7"S 108°18'43.7"E . Nah setelah kalian tiba di titik koordinat itu kalian masuk ke Gang atau jalan kecil samping Rumah yang ada Kolamnya, jalan kecil yang ada aliran irigasi airnya. Nah setelah dari sana ikuti saja jalan sampai mentok di Area Parkir Curug Panganten Sadananya Ciamis. 



Area Parkir Curug PAnganten Sadananya Ciamis

Pemandangan dari area Parkir Curug Panganten Sadananya Ciamis

Gerbang menuju Curug Panganten Sadananya Ciamis


Untuk Sementara masuk ke Curug Panganten ini dikenakan biaya parkir saja Rp.3000 untuk kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda 4 hanya bisa diparkir di rumah warga yang saya kasih titik koordinat nya tadi selanjutnya jalan kaki yang cukup jauh apalagi medannya nanjak mudun. Curug Panganten ini masih dalam tahap pembangunan, terlihat ketika saya datang masih ada peluasan area parkir dan warung, kemudian sedang dibuat jembatan juga. Disini terdapat satu warung kalian bisa jajan di warung itu ada aneka makanan gorengan , makanan ringan dan minuman panas juga ada. Untuk melihat Curugnya dari Bawah pengunjung haus ekstra hati-hati karena bebatuannya yang licin serta hanya ada tali tambang untuk akses menuju ke bawah Curug. 

Curug ini berada di Kaki Gunung syawal berada pada ketinggian sekitar 604 meter diatas permukaan laut, udaranya sangat sejuk airnya juga dingin. Kedalaman Curug sekitar 2 - 3 meter bagi yang tidak bisa berenang jangan berani mendekati curug ya bisa main di aliran sungainya. Bagi yang suka tantangan extreme dan bisa berenang , curug ini cocok dilompati dari bebatuan yang tinggi. Berani mencoba ? Yuk Datang Ke curug Panganten di Sadananya Kabupaten Ciamis

Aliran Sungai Curug Panganten Sadananya Ciamis dan terdapat pertemuan sungai Cipanyeuseuhan dan Cileueur. 

Tambang dilihat dari bawah Curug, akses agar bisa menikmati Curug Panganten Sadananya Ciamis

Curug Panganten Sadananya Kabupaten Ciamis

Menikmati Curug Panganten Sadananya Ciamis 


Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar

(c)andrianrpratama. Powered by Blogger.